Template
PELATIHAN PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PROGRAM BENIME DAN KINEMASTER BERBASIS ANDROID BAGI GURU FISIKA SMA DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan surat edaran nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan covid-19 pada satuan pendidikan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus corona di sekolah maupun perguruan tinggi. Menindaklanjuti surat edaran tersebut, penyelenggara pendidikan meniadakan pembelajaran secara tatap muka, tetapi dilaksanakan secara daring. Pengabdian ini ditujukan bagi guru fisika SMA, yang dilakukan dengan mengadakan pelatihan perancangan media pembelajaran menggunakan Program Benime dan Kinemaster berbasis Android. Pembelajaran yang dirancang menggunakan program-program yang terdapat dalam Android, mudah digunakan dan hampir setiap guru memiliki android, serta tidak memerlukan bahan habis pakai. Melalui pengabdian ini guru-guru fisika SMA di Bandar Lampung memiliki keterampilan dalam merancang pembelajaran menggunakan android. Metode kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu ceramah/diskusi, lokakarya, kegiatan mandiri, dan presentasi. Evaluasi dilakukan secara kualitatif berdasarkan: (1) tanggapan guru terhadap kegiatan pelatihan yang diungkapkan melalui kuesioner, dan (2) pengetahuan yang diperoleh melalui pretes dan postes. Kegiatan pelatihan dinyatakan berhasil karena peserta merespon positif, juga telah berhasil membuat media pembelajaran dengan kriteria baik, dan rata-rata nilai postes diperoleh skor sebesar 85,0 dan jumlahnya diatas 75%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Retno Dian & Rudy Kustijono. 2013. Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA). Vol 3 No 1, Juni 2013. ISSN: 2087-9946.
Arnyana, IBP. 2019. Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4c (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi. Vol 1, No 1.
Astuti, IAD,. Sumarni, RA., Saraswati, DL. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learningberbasis Android. JPPPF -Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika. Vol 3, No. 1.
Kemenkes RI. 2020. Pedoman dan Pencegahan Coronavirus (COVID- 19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., Putri, R.S. 2020. Studi eksplorasi dampak pandemi Covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.
Ramdani, A., Jufri, AW., Jamaluddin, J. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol 6, No 3.
Sherlyanita A.K. & Rakhmawati, N.A. 2016. Pengaruh dan pola aktivitas penggunaan internet serta media sosial. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-siapkan-sistem-belajar-daring.
Tawil, Muh dan Lilisari (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit UNM.
Wilson, A. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). Vol 5, No 1.
Yunus, NR., Rezki, Annissa. 2020. Kebijakan Pemberlakukan Lockdown sebai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-i. Vol.7 No. 3.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas Lampung. All rights reserved. p-ISSN 2807-2251| e-ISSN 2798-9453