PELATIHAN PENYUSUNAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS MELALUI PLATFORM QUIZIZZ BAGI GURU BAHASA PRANCIS SE-LAMPUNG

Setia Rini, Diana Rosita, Endang Ikhtiarti, Indah Nevira Trisna

Abstract


Satu tahun lebih telah berlalu proses pembelajaran daring karena pandemi Covid-19. Meskipun demikian, sebagai seorang pendidik profesional, guru dituntut untuk tetap dapat optimal dalam melakukan pengajaran dan pendidikan tentu saja dengan  beberapa kebijakan yang diberikan oleh pemerintah khususnya oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu dengan melonggarkan capaian pembelajaran. Terkait dengan pencapaian tujuan pembelajaran tersebut, seorang guru harus dapat melakukan evaluasi dengan valid meskipun dilakukan secara daring. Hal ini dikarenakan, ada banyak kemungkinan bagi siswa untuk melakukan kecurangan-kecurangan ketika evaluasi berlangsung seperti menyontek, copy paste jawaban, dan berbagai hal lain yang dapat dilakukan dengan sangat mudah oleh siswa melalui internet. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat membekali para guru Bahasa Prancis di Lampung untuk terampil menggunakan berbagai macam media/aplikasi evaluasi seperti Quizizz. Melalui pembuatan quiz/tugas/ujian interaktif Quizizz maka siswa akan merasa lebih semangat dan antusias, sedang dievaluasi tetapi rasanya seperti sedang bermain game. Dengan demikian, evaluasi pembelajaran dapat dilakukan dengan baik, optimal, efektif, efisien, mudah, dan menyenangkan baik bagi siswa maupun bagi guru.

 

DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v1i2.hal.105-114


Keywords


bahasa prancis, evaluasi pembelajaran, quizizz

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asria, L., et al. (2021). Analisis Antusiasme Siswa dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1-17.

Ekowati, S. H., et al. (2021). Pelatihan Activité Ludique untuk Guru Bahasa Prancis SMA Di DKI Jakarta. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 354-364.

Eviyanti, E., & Adawi, R. (2021). Pemberdayaan Guru Mata Pelajaran Bahasa Prancis SMA/SMK Propinsi Sumatera Utara dalam Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi (pp. 100-103). Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Mata Pelajaran Bahasa Prancis. Jakarta : Kemendikbud.

Moore, J. L, Deane, D. D., & Galyen, K. (2011). E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?. International and Higher Education Journal, 1(3), 90-110.

https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Pagarra, H., et al. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mengevaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Berbasis Tes dan Penugasan Online. Publikasi Pendidikan, 10(3), 260-265.

Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Implementasi E-Learning Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Mandarin di Purwokerto. Prosiding Seminar Nasional, 10(1).

Zhao, F. (2019). Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43.

https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453