BIMBINGAN TEKNIS VIRTUAL LESSON STUDY: MENINGKATKAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE DALAM MELAKUKAN ANALISIS REFLEKSI DIDAKTIS GURU-GURU SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo, Widyastuti Widyastuti, Mella Triana

Abstract


Bimbingan teknis implementasi Virtual Lesson Study (VLS) ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kehandalan untuk mengimplementasikan VLS serta melakukan analis reflektif bagi guru-guru di SMPN 2 khususnya dan di Kota Bandar Lampung umumnya.  Kegiatan ini juga membantu meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran siswa, memungkinkan diskusi mendalam dengan kolega, membangun kebersamaan, menciptakan budaya pembelajaran reflektif dan berkelanjutan, serta memberi kesempatan bagi guru baru untuk belajar kurikulum, manajemen, konten dan pedagogi dari guru yang berpengalaman. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu pelatihan VLS, pendampingan guru model, serta implementasi pelaksanaan VLS.   Implementasi pelaksanaan VLS dilaksanakan pada pada tahap plan dan do. Rangkaian kegiatan tersebut berkontribusi pada Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan guru-guru peserta dalam ranah PCK dan implementasi VLS. Hal tersebut ditandai dengan besar rata-rata skor n-gain teori sebesar 0,32 (kategori peningkatan sedang) dan rata-rata skor n-gain praktek sebesar 0,67 (kategori peningkatan sedang). Hasil uji Wilcoxon pada taraf nyata 0,05 juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan baik pada rata-rata skor peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta setelah teori dengan rata-rata skor peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta setelah praktek. Temuan tersebut mempertegas pentingnya kegiatan pendampingan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Namun demikian, kondisi kebijakan sekolah yang berubah-ubah terkait bentuk pertemuan pembelajaran di sekolah sebagai imbas dari ketentuan PPKM, membuat kegiatan see dan analisis refleksi yang direncanakan belum dapat terlaksana secara optimal. Oleh karena itu, peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru-guru peserta terkait PCK dan implementasi VLS masih sangat berpeluang besar untuk ditingkatkan lebih baik lagi sehingga  dapat lebih mengeksplorasi campuran konten dan pedagogi yang unik dari  guru, yang pada akhirnya akan membentuk pengertian profesional bagi guru itu sendiri

 

DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v1i2.hal.62-73


Keywords


lesson study; pedagogical content knowledge; virtual

Full Text:

PDF

References


Budak, Ayfer. (2012). Mathematics teachers’ engaging in a lesson study at virtual settings. Educational Research and Reviews. 7 (15): 338-343.

Cerbin, William & Bryan Kopp. (2006). Lesson study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education.18 (3): 250-257.

Goei, S.L., van Joolingen, W.R., Goettsch, F., Khaled, A., Coenen, T., In ’t Veld, S.G.J.G., de Vries, S. and Schipper, T.M. (2021), "Online lesson study: virtual teaming in a new normal". International Journal for Lesson and Learning Studies, https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2020-0078

Hake, R. (1999). Analizing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.

Hendayana, Sumar, Suryadi, R, Supriatna, A, Imansyah, H. (2009). Lesson Study Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Rizqi Press

Huang, X., Lai, M.Y. and Huang, R. (2021). "Teachers' learning through an online lesson study: an analysis from the expansive learning perspective", International Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.1108/IJLLS-09-2020-0076.

Meltzer, D.E. (2002). Addendum to: The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostics Pretest Scores. [On Line]. Tersedia: http://www.physics.iastate.edu/per/docs/Addendum_on_normalized_gain

Soto, Melissa; Gupta, Dittika; Dick, Lara; and Appelgate, Mollie. (2019). Bridging Distances: Professional Development for Higher Education Faculty Through Technology-Facilitated Lesson Study. Journal of University Teaching & Learning Practice. 16(3). https://ro.uow.edu.au/jutlp/vol16/iss3/7

Widjaja, W., Groves, S. and Ersozlu, Z. (2021), "Designing and delivering an online lesson study unit in mathematics to pre-service primary teachers: opportunities and challenges". International Journal for Lesson and Learning Studies. https://doi.org/10.1108/IJLLS-10-2020-0080


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453