Template
PELATIHAN MENDESAIN PERTANYAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MATRIKS PERTANYAAN BAGI GURU IPA BIOLOGI SE-LAMPUNG TIMUR
Abstract
Pertanyaan merupakan hasil kegiatan berpikir yang perlu dibudayakan pada proses pembelajaran, karena pertanyaan dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa.Selain itu pertanyaan dapat membantu guru menemukan konsep-konsep penting yang perlu dipelajari oleh siswa. Kegiatan membuat pertanyaan membutuhkan keterampilan karena tidak semua siswa mampu membuat pertanyaan dengan mudah. Kegiatan membuat pertanyaan dapat diajarkan oleh guru kepada siswa menggunakan matriks pertanyaan. Tujuan kegiatan adalah memberikan pengalaman kepada guru IPA Biologi dalam membuat pertanyaan menggunakan matriks pertanyaan, sehingga guru dapat membelajarkan membuat pertanyaan menggunakan matriks pertanyaan. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan membuat pertanyaan pembelajaran bagi guru IPA Biologi se-Lampung Timur. Kelompok mitra yaitu MGMP IPA Biologi se_Lampung Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pretes dan postes. Data diolah menggunakan program excel. Hasil pengabdian sebagai berikut: nilai pretes 42,78, postes 55,42 dengan nilai N-Gain 22 berkategori tidak efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kemendikbud. Jakarta.
Nasution, R.D., Saragih, F.H. Mira, P.S., Sembiring, A. 2020. Pendampingan Sistem Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Google Meet Bagi Guru-Guru Smp It Daarul Istiqlal Dan Smp It
Rahmat Marindal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 26 No 24. Universitas Negeri Medan. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i4.20365.
Pramudiyanti, Susilo, H., Hastuti, U.S., & Lestari, U. 2019. The Efforts to Foster Students’ Skill in Making Questions Through Thinking Tool (Question Matrix) Development. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1), 119-128.
Walsh, J.A, dan Sattes, B.D. 2011. ThinkingThrough Quality Questioning: Deepening Student Engagement. USA: Penerbit Corwin.
Widjaya, H.L.S., Suandi, I.N., Putrayasa. I.B. 2013. Analisis Pertanyaan Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Selong Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Tahun Pembelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Vol 2 tahun 2013. Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Ragatz, A. B. (2010). Di Dalam Ruang Kelas Matema¬tika di Indonesia: Studi Video TIMSS ten¬tang Kegiatan Pembelajaran dan Capaian Siswa. Bank Dunia. Jakarta. Indonesia. D. Heis¬ley,
Richard J. Semenik, Peter Dickson, Valarie Zeithaml, and Roger L. Jenk. Chicago: American Marketing Association, 209-216.
Setiawan, Y.E., Syaifudin. 2020. Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. JPKM. Vol 26 No 3. Juli-September 2020. http://dx.doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16377
Susilo, H., Ibrohim,Sudrajat, A.K., Kristiani, N. 2021. Tantangan Dan Hambatan Membelajarkan Guru Mengembangkan Keterampilan Hidup Di Abad 21 dalam Bunga Rampai Hasil Riset Um 2019 Bidang Saintek . Penulis dan Penyunting Ahmad Taufiq, Rr. Poppy Puspitasari, S. Hal. 130-139. Malang: CV Penulis Cerdas Indonesia
Wardhana, D.E.C., Basuki, R., dan Noermanzah. 2020. Webinar dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian pada Jurnal Nasional Terakreditasi Bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM). Vol 26, No 4. Oktober-Desember. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26.4.20640.
Rita, E., Dewi, S., Sumarno, dan Prasetyo. 2010. Authentic Couching untuk Pengembangan Perangkat Pembelajaran Character Building Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal e-dimas. Vol 1, No 2.
http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/143
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Copyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas Lampung. All rights reserved. p-ISSN 2807-2251| e-ISSN 2798-9453