PEMBINAAN PROFESIONALITAS GURU MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PTK BAGI GURU MATEMATIKA

Sri Hastuti Noer, Pentatito Gunowibowo, Mella Triana

Abstract


Pengembangan profesi guru dilakukan dengan berbagai hal diantaranya dengan melaksanakan kegiatan penelitian di bidang pendidikan. Kegiatan pengembangan diri ini memiliki sumbangan angka kredit yang besar pada setiap jenjang kepangkatan. Sementara itu, tidak sedikit guru yang kurang mampu melaksanakan penelitian dan menyajikan hasil penelitiannya dalam bentuk karya tulis ilmiah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan untuk mengimplementasikan, dan menyosialisasikan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru-guru matematika SMPN Kecamatan natar Kabuaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan menerapkan strategi kontekstual, yaitu mengaitkan antara teori dengan praktik yang disampaikan dengan metode praktik terbimbing. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari dua tahap yaitu pelatihan dan pendampingan. Luaran dari kegiatan ini adalah proposal penelitian tindakan kelas yang disusun oleh guru peserta. Hasil evaluasi pelatihan dan pendampingan PTK kepada guru matematika SMP di Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan yaitu: 1) skor kenaikan (gain) antara nilai tes awal dan nilai tes akhir pada materi prinsip PTK sebesar 0,48 dan nilai ini menurut klasifikasi Hake terkategori sedang; 2) skor kenaikan (gain) antara nilai tes awal dan nilai tes akhir pada materi penyusunan proposal PTK, sebesar 0,46 dan nilai ini menurut klasifikasi Hake terkategori sedang.


DOI: https://doi.org/10.23960/rp/v1i1.hal.6-13


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas, Profesionalitas Guru.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Revisi VI). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada

Carr, Wilfred and Kemmis, Stephen. (2004). Becoming Critical Education, Knowledge, and Action Research. Taylor & Francis e-Library. ISBN 0-203-56821-4 (Adobe eReader Format)

Elliot, J. (1982) Developing Hypothesis about Classrooms from Teachers Practical Constructs: an Account of the Work of the Ford Teaching Project. in The Action Research Reader. Geelong, Victoria: Deakin University.

Hake, R. (1999). Analizing Change/Gain Scores. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf.

Hopkins, David. (1993) A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.

Meltzer, David. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12).

Ni’mah, Zetty Azizatun. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru Antara Cita Dan Fakta. Realita, 15 (2), 1-22.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya.

UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wiganda, Supria. (2014). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Se-Jakarta Timur. Jurnal Sarwahita, 11 (1), 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by: 

           

 

 

Creative Commons License

Ruang Pengabdian: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Mathematics and Science Education Department, Universitas LampungAll rights reservedp-ISSN 2807-2251e-ISSN 2798-9453