PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA BAHASAN KLASIFIKASI MATERI

Marsiyamsih Marsiyamsih, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This research aimed to develop an e-book basedon multiple representations in classification of matter topic; to describe thecharacteristics of it, the teachers and students responses, the supporting factorsand constraints that encountered during the research. This research used R&D method that was done until limited testing. Teachers responses to the contentssuitability and graphically aspect of the product were very good which thepercentage were 92.00% and 92.50%, respectively. Students reponses to the readibility aspects of the product were very good which the percentage was 85.00%. Constraints faced during the development of e-book were the lack oflaptop or computer during limited testing, so students only read the e-book on projector screen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkane-book berbasis multipel representasi pada bahasan klasifikasi materi dan untuk mendeskripsikan karakteristik e-book berbasis multipel representasi pada bahasanklasifikasi materi, tanggapan guru dan siswa, faktor-faktor pendukung, dankendala-kendala yang dihadapi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang dilakukan sampai pada tahap revisi uji coba terbatas. Tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dan aspek grafika sangat baik dengan persentase masing-masing 92,00% dan 92,50% secara berurutan. Tanggapansiswa pada aspek keterbacaan juga sangat baik dengan persentase sebesar 85,00%.Kendala yang dihadapi dalam pengembangan e-book ini adalah kurangnya laptopatau komputer saat uji coba terbatas, sehingga siswa hanya membaca e-book padalayar proyektor.

Kata kunci: e-book, klasifikasi materi, multipel representasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Desyana, V., Erlina, dan Melati, H. A. 2014. Analisis Kemampuan Multipel Representasi Siswa SMP di Kota Pontianak pada Materi Klasifikasi Benda. Jurnal Ilmu Pendidikan,3 (11): 1-13.

Fitria, Tomo, dan Haratua. 2013. Penggunaan Model Problem Based Learning dengan Multipel Representasi pada Usaha dan Energi di SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (10): 1-10.

Herawati, R.F., Mulyani, S., dan Redjeki, T. 2013. Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karangayar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (2): 38-43.

Jansoon, N., Coll, R. K., and Somsook E. 2009. Understanding Mental Models of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental & Science Education, 4 (2): 147-168.

Kozma, R. B., dan Russell, J. (1997). Multimedia and understanding: Expert and novice responsesto different representations of chemical phenomena. Journal of Research in Science Teaching. 39 (4): 949968.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi Sesuai KTSP. Padang: Akademi Permata.

Malik, A. 2013. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi pada Materi Pokok Laju reaksi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang: Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Megabella, A. 2010. Berbisnis e-Book di Kala Krisis. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.

Oetomo, B. S. D. 2002. E-education Konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: Adi Yogyakarta.

Oktavianty, E. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan Multipel Representasi pada Topik Fluida Statistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Konitif dan Keterampilan Berfikir Kritis. Tesis (tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Suhardi, Suratno, dan Hastuti, P. 2009.Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu dan Konstektual VII. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Sukmadinata. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriadi, S. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi Inovasi Bagi Dunia Pendidikan. (Online),(http://insearch.unibi.ac.id/jurnal/2012/02/46/detail/teknologi_informasi_dan_komunikasi_inovasi_bagi_dunia_pendidikan), diakses 12 Agustus 2015.

Talanquer, V. 2011. Macro, Submicro, and Symbolic: Themany faces of the chemistry triplet. International Journal Science Education, 33(2): 179195.

Tim Penyusun. 2013. Salinan Lampiran Permendikbud No. 65 tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud.

Winarsih, A., Nugroho, A., dan Sulistyoso. 2008. Ipa Terpadu Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Widodo, C. S., dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Widodo, W., Rachmadiarti, F., Hidayah, S. N., Suryanda A., Cahyana, U., Kistiah, I., Anifah, A., dan Suryatin, B. 2014. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.