EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ORISINIL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
The purpose of this study was to describe the effectiveness of a scientific approach in increasing original thinking ability on buffered solutions topic. This research population was all of students in the 11th grade of MIA at SMA Negeri 1 Bangunrejo for 2014/2015 academic year. This study used quasi experiment method with non equivalent control group design. The 11th grade of MIA2 and MIA3 were used as the sample classes of this research which were obtained by using purposive sampling technique. The result of this research showed that the average n-Gain of original thinking ability in the control class was 0.603 and in the experimental was class was 0.763. Based on t test the average of n-Gain both the research classes were different significantly. It could be concluded that learning by using scientific approach was effective in increasing original thinking ability on buffered solutions topic.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bangunrejo tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kemampuan berpikir orisinil pada kelas kontrol sebesar 0,603 dan eksperimen sebesar 0,763. Berdasarkan uji t nilai rata-rata n-Gain kedua kelas penelitian berbeda secara signifikan. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil pada materi larutan penyangga.
Kata kunci: kemampuan berpikir orisinil, larutan penyangga, pendekatan ilmiah
Full Text:
PDFReferences
Abruscato, J. 1996. Teaching children science: A Discovery Approach. Unite State of America: Allyn and Bacon.
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto dan Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
Creswell, J. W. 2003. Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches Second Edition. New Delhi: Sage Publications.
Ersoy, E. dan Guner, P. 2015. The Place of Problem Solving and Mathematical Thinking in the Mathematical Teaching. The Online Journal of New Horizons in Education, 5 (1): 120-130.
Hake. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. [Online]. Tersedia: http://www.physics.indiana.edu/~hake/PERC2002h-Hake.pdf [11 Agustus 2015]
Husamah dan Setyaningrum. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Panduan Merancang Percobaan untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Mergendoller, J. R. and Maxwell, N. L. 2006. The Effectiveness of Problem-Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 1 (2): 49-69.
Munandar. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sani, R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Saputra, H. A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Mengevaluasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sari, A. N. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa pada Materi Asam Basa. Skripsi, (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: FKIP Unila
Syaodih, N. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Imtima.
Tim Penyusun. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.
Tim Penyusun. 2013. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Analisis Materi Ajar. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemdikbud.
Tim Penyusun. 2014. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.