EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Iin Fadilah, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of scientific approach in increasing fluency thinking ability in buffered solutions topic. This research used quasi experiment method with non equivalent control group design. All of student in the 11th grade of MIA1, and MIA2 at SMA YP Unila Bandar Lampung for 2014/2015 academic year were taken as samples of this research by using purposive sampling. After the learning was done, the average n-Gain in the control and experimental classes were obtained 0.29 and 0.61, respectively. Based on t test, it was known that the learning by using scientific approach was effective in increasing fluency thinking ability of students on buffered solutions topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Semua siswa di kelas XI MIA1, dan XI MIA2 di SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 diambil sebagai sampel pada penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh rata-rata n-Gain pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,29 dan 0,61. Berdasarkan uji t, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar siswa pada materi larutan penyangga.

Kata kunci: kemampuan berpikir lancar, larutan penyangga, pendekatan ilmiah


Full Text:

PDF

References


Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Carin, A.A. 1997. Teaching Science through Discovery. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Costa, A.L. and Pressceisen, B.Z. 1985. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandria: ASCD.

Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks London New. New Delhi: Sage Publications.

Gabel, D.L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mcmillan Publishing Company.

Hake. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. [Online]. Tersedia: http:/www.physics.indiana.edu/hake>, [5 Januari 2011]

Munandar. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Saputra, H.A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Mengevaluasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi,(tidak diterbitkan). Lampung: FKIP Unila.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung:Tarsito.

Sudibyo, B. 2006. Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Yogya karta: Dinas: Pendidikan Kota Yogyakarta.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rismalinda, A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Skripsi, (tidak diterbitkan). Lampung: FKIP Unila.

Tim Penyusun. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun. 2014. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta:Kemdikbud.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Vygotsky, L.S. 1978. Mind in Society. Cambridge: Harvard University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.