EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Dwi Citra Pertiwi, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


The quasi experiment research about the effectivity of scientific approach on buffered solutionsin increasing flexibility thinking ability was conducted by using non equivalent control group design.The 11th grade of MIA1 and MIA3 as the sample classes of this research were obtained from five classes of the 11thgrade of MIA at SMA YP Unila for 2014/2015 academic year. The result of this research showed that the average n-Gain in the experimental class was 0.65 and in the control class was 0.32. Because of the average n-Gain in the experimental and control classes were different statistically, it was concluded that learning with scientific approach on buffer topic was effective in increasing flexibility thinking ability.

Penelitian kuasi eksperimen tentang pendekatan ilmiah dengan materi larutan penyangga untuk meningkatkan kemampuan berpikir luwes dilakukan dengan desain Non-Equivalent Control Group. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI MIA1 dan XI MIA3 diperoleh dari lima kelas pada kelas XI MIA SMA YP Unila tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kelas eksperimen sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,32. Karena rata-rata n-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara statistik, maka dapat disimpulkan bahwa pem-belajaran dengan menggunakan pendekatan ilmiah pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes.

Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, larutan penyangga, pendekatan ilmiah.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y.2013. Desain Sistem Pembelajaran Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Arends, R.I.2008. Learning to Teach Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan Edisi Ketiga. Jakarta: Bina Aksara.

Creswell, J.W.2003. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Duron, R., Limbach, B., and Waugh, W. 2006. Critical Thinking Framework for Any Discipline. Inter. J. Teach. Learn. Higher Educ.,17(2): 160-166.

Hake, R.2002. Analyzing Change/Gain 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. [Online]. Tersedia: http: //www.physics .indiana .edu / hake>, [5 Januari 2011]

Hanafiah, N. dan Suhana, C. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Mergendoller, J. R.and Maxwell,N. L. 2006. The Effectiveness of Problem Based Instruction: A Comparative Study Of Instructional Methods and Student Characteristics. The Interdiscriplinary Journal Of Problem Based Learning, 1(2): 1-69.

Munandar. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Permendikbud. 2014.Kerangka dasar dan struktur kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, (No.59 tahun 2014). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Saputra, A.2014. Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi, (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: FKIP Unila

Sari, A.N. 2014.Efektivitas Model Pembelajaran dengan Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa pada Materi Asam Basa. Skripsi,(tidak diterbitkan). Bandar Lampung: FKIP Unila

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Supriadi. 1996. Kreativitas, Kebudayaan dan Perkembangan IPTEK.Bandung:CV Alfabeta.

Tim Penyusun. 2006a. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

TimPenyusun. 2006b. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidik-an Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Tim Penyusun. 2013. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Analisis Materi Ajar. Konsep Pendekatan Scientific. Kemdikbud. Jakarta: Kemendikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.