PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PADA PRAKTIKUM PENGARUH LUAS PERMUKAAN TERHADAP LAJU REAKSI

Tendy Oktriawan, Noor Fadiawati, Ila Rosilawati, M Mahfudz Fauzi Syamsuri

Abstract


This study which was using research and development (R&D) method was conducted with the purposes to develop assessment performance instrument, and to describe its characteristics, the teachers responses, the supporting factors and constraints encountered during the research. The characteristics of developed product were included task, scoring rubric with two performance that so representative, scoring method which simple and easy, so that it was possible to use when assessing the performance of students in experiment activities. The teachers gave a very good responses to the content legibility, construction, and product used aspect of developed assessment performance instrument which the percentage of them were 88.15%, 89.33%, and 84.44%, respectively.

Penelitian dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan ini telah dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan instrument asesmen kinerja yang sederhana pada praktikum pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi, mendeskripsikan karakteristiknya, tanggapan pendidik kimia, faktor-faktor pendukung dan kendala-kendala yang dihadapi dalam penelitian ini. Karakterisitik dari produk yang dikembangkan ini terdiri dari task dan rubrik penilaian dengan dua kinerja yang paling mewakili dan cara penskoran yang mudah dan praktis, sehingga memungkinkan untuk digunakan ketika menilai kinerja siswa pada kegiatan praktikum. Pendidik telah memberikan tanggapan dengan sangat baik terhadap aspek keterbacaan, konstruksi dan keterpakaian produk dengan persentase dari masing-masing aspek secara berturut-turut 88,15%, 89,33%, dan 84,44%.

Kata kunci: instrumen asesmen kinerja praktikum, pengembangan, pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi


Full Text:

PDF

References


Abrahams, I., Reiss M. J., Sharpe R. M. 2013. The assessment of practical work in school science. Studies in Science Education, 49(2), 209-251.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Asshford-Rowe, Herrington J., Brown C. 2013. Establishing the critical elements that determine authentic assessment, Assessment & Evaluation in Higher Education. University of Wollongong. Australia

Callison, D. 1998. Authentic Assessment. School Library Media Activities Monthly, 14(5), 42.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Perpikir. Majalah Eduspot edisi 10: 28-29

Iskandar, T. 2000. Penerapan Penilaian Kinerja dalam Kegiatan Laboratorium pada Konsep Reproduksi Tumbuhan Biji di Madrasah Aliyah. Tesis Magister pada PPS UPI. Bandung.

Ningtyas, F. K., Agustini R. 2014. Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Siswa untuk Mengases Keterampilan Proses dalam Praktikum Senyawa Polar dan Nonpolar Kelas X SMA. UNESA Journal of Chemical Education: Surabaya.

Noviantari, N. M. R. 2012. Penerapan Self Asesment untuk Mengungkap Kinerja Siswa Kelas X5 SMAN 5 Bandar Lampung pada Praktikum Larutan Elektriolit dan Nonelektrolit. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Unila

Phelps A. J., LaPorte M. M., Mahood A. 1997. Portofolio Assesment in High School Chemistry. University of Northern lowa. Cedar Falls.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudrajat, A., Permanasari A., Zainul A., Buchari. 2011. Pengembangan Rubrik Asesmen Kinerja untuk Mengukur Kompetensi Mahasiswa Melakukan Praktikum Kimia Analisis Volumetri. Jurnal Chemica. 2(2), 5-7.

Wenzel, T. J. 2007. Evaluation Tools to Guide Students Peer-Assessment and Self-Assessment in Group Activities for the Lab and Classroom. 84 (1): 182-183

Winahyu, S. E. 1997. Penerapan Penilaian Kinaerja (Performance Assessment) untuk Menilai Kemampuan Siswa dalam Merancang dan Membuat Hasil Karya berdasarkan Konsep Udara pada Pembelajaran Siswa SD. Tesis Magister pada PPS UPI. Bandung

Wulan, A. R. 2003. Permasalahan yang Dihadapi dalam Pem-berdayaan Praktikum Biologi di SMU dan Upaya Penanggulangannya (Doctoral dissertation, Tesis tidak dipublikasikan). Bandung: SPs UPI.

Wulan, A. R. 2007. Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. http://file. upi.edu/direktori/fpmipa/jurpend_bio logi/ana ratnawulan/pengertianasesmen. pdf [diakses tanggal 7 Februari 2013]. [Online]

Wulan, A. R. 2008. Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 32(3), 1-10.

Tim Penyusun. 2004. Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2013. Permendikbud No.66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian. Jakarta: Kemdikbud.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.