PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LAJU REAKSI

Wiwit Murdiandari, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This study aimed to describe the discovery learning effectiveness in improving fluency thinking skills. This study used two classes as the control and experimental class which derived from four classes of the MIA of the 11th grade at SMAN 5 Metro 2014/2015 academic year by using purposive sampling. Method in this study was a quasi experimental with non equivalent pretest-posttest control group design. The results showed that the average n-Gain of fluency thinking skills for the control and experimental class were 0.61 and 0.77, respectively. Discovery learning effectiveness was shown by difference significant of the average n-Gain in control class and experimental class. It can be concluded that the discovery learning was effective in improving fluency thinking skills.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas kontrol dan eksperimen yang diperoleh dari empat kelas XI MIA di SMA Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan purposive sampling. Metode pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan berpikir lancar untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,61 dan 0,77. Efektivitas discovery learning ditunjukkan dari perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian, disimpulkan bahwa discovery learning efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir lancar.

Kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir lancar, laju reaksi


Full Text:

PDF

References


Barlia, L. 2011. Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains di SD: Tinjauan Epistemologi, Ontologi, dan Keraguan dalam Praktisnya. Cakrawala Pendidikan, Th. XXX, No.3.

Cakir, M. 2008. Constructivist Approaches to Learning in Science andTheir Implications for Science Pedagogy: A Literature Review. Inter. J. Environ. Sci. Educ., 3(4): 193-206.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New.New Delhi : Sage Publications.

Dahar, R. W. 1989. Teori-Teori Bela-jar.Jakarta : Erlangga.

Dhindsa, H.S., Erman, S. 2011. Using interactive whiteboard technology-richconstructivist learning environment to minimize gender differences in chemistry achievement. Inter. J. Environ. Sci. Educ., 6 (4): 393-414.

Hamalik,O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Husamah, S., dan Yanur. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Kompetensi Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Joolingen, W. V., 1998. Cognitive Tools for Discovery LearningInter. J. of Artific. Intel. Educ., 10: 385-397.

Munandar, S. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakarta : Rineka Cipta.

Mutoharoh, S. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 72 Jakarta. Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah- Jakarta.

Priyatni, E. T. 2014. Desain Pem-belajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013.Jakarta : Bumi Aksara.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar: teknik penyajian.Jakarta : Rineka Cipta.

Saputra, A. 2011. Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung : Universitas Lampung

Sari, E. N. 2014.Model Discovery Learning Efektif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar Siswa. Skripsi (tidak diterbitkan). BandarLampung : Universitas Lampung

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika edisi Keenam.Bandung : PT. Tarsito.

Tim Penyusun, 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.

Warsita,B. 2008. Teknologi PembelajaranLandasan dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.