PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PADA PRAKTIKUM PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI

Fadilla Amelia, Noor Fadiawati, Ila Rosilawati

Abstract


This research was based on the teachers constraint in assessing performance. This research was aimed to develop the performance assessment instruments which is easy to be used, and to describe the characteristics, realization, and methods of the developed performance assessment instruments. The research and development (R&D) method by Borg and Gall was used in this research. The phases of this study were analysis needs, planning, development of product drafts, expert validation, field trials, networking teacher response, and the revision of the product. Based on teachers response about aspect of legibility, construction, and use of the product, it were categorized in very high. Development of performance assessment instrument on experiment effect of temperature on the reaction rate was produced a simple product and easy to be used.

Penelitian ini didasarkan pada kendala guru dalam melakukan asesmen kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja yang mudah digunakan serta mendeskripsikan karakteristik, pelaksanaan, dan metode instrumen asesmen kinerja pada praktikum pengaruh suhu terhadap laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) menurut Borg dan Gall. Tahap-tahap penelitian ini adalah analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan draf produk, validasi ahli, revisi, uji pemakaian produk, menjaring tanggapan guru dan revisi produk. Berdasarkan hasil tanggapan dari guru terhadap aspek keterbacaan, aspek konstruksi, dan aspek pemakaian produk memiliki kategori sangat tinggi. Penelitian dan pengembangan instrumen asesmen kinerja praktikum pengaruh suhu terhadap laju reaksi dihasilkan produk yang sederhana dan mudah digunakan.

Kata kunci: asesmen kinerja, pengembangan, pengaruh suhu terhadap laju reaksi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Adimata.

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jumaini, S. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotorik pada Praktikum Kimia SMA/MA Kelas XI Materi Pokok Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Berdasarkan Standar Isi 2006. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Santek Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Kusaeri dan Suprananto, 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendi-dikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D) Cetakan Ke-6. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda.

Susila, I. K. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Unjuk Kerja (Performance Assesment) Laboratorium pada Mata Pelajaran Fisika Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Kelas X di Kabupaten Gianyar. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2(2),5-7.

Tim Penyusun, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 Lampiran III 10.d tentang Pedoman Mata Pelajaran Kimia Minat Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.

Uno, H. B. dan Koni, S. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulan, A. R. 2008. Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Mimbar Pendi-dikan, 32(3), 1-10.

Wulan, A. R. 2013. Penilaian Kinerja dan Portofolio Pada Pembelajaran Biologi. Artikel Pendidikan Biologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.