INKUIRI TERBIMBING PADA REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJAWAB PERTANYAAN KLARIFIKASI

Indah Kusuma Rini, Ila Rosilawati, Noor Fadiawati

Abstract


This research aimed to describe the effectiveness of guided inquiry model on redox reactions to increase the answering clarification answering questions ability. The samples in this research were the 1st and 2nd of the 10th grade as experimental and control class which obtained by using purposive sampling technique from all of the 10th grade students in SMAN 2 Gadingrejo on 2014/2015 Academic Years. This research used quasi experiment method with non-equivalent (pretest-posttest) control group design. The learning effectiveness was showed by a different significantly of n-Gain in experimental and control class. The results showed that the average of n-Gain of the answering clarification questions ability on experimental and control class were 0.63 and 0.22 respectively. Based on the results of hypothesis testing, guided inquiry model was effective to increase the answering clarification questions ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada reaksi redoks dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Sampel penelitian ini adalah kelas X1dan X2 sebagai kelas eksperimen dan kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling dari seluruh siswa kelas X SMAN 2 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non-eqiuvalent (pretest-posttest) control group design. Efektivitas pembelajaran ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,63 dan 0,22. Berdasarkan hasil uji hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi.

Kata kunci: keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi, model pembelajaran inkuiri terbimbing, reaksi redoks


Full Text:

PDF

References


Ambarsari, W., Santosa, S., Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi UNS, 5 (1): 81-95.

Costa, A. L. 1985. Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Creswell, J.W. 2009. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methodes Approaches. Thousand Oaks California 91320: Third Edition CSAGE Publications.

Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Ennis. R. H. 1996. Critical Thinking. New Jersey: Simon & Schuster / A Viacom Company.

Redhana, I.W. dan Liliasari. 2008. Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa SMA. Jurnal Forum Pendidikan, 27 (2): 1-10.

Septiana, R. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam dalam Meningkatkan Keterampilan Memberikan Penjelasan Sederhana dan Menerapkan Konsep yang dapat Diterima. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sofiani, E. 2011. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Konsep Listrik Dinamis. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sudjana, N. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Yunitasari, I. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Menyebutkan Contoh dan Mengemukakan Kesimpulan serta Hipotesis pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.