EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN

Elisabet Kartika Evaliani, Ila Rosilawati, Sunyono Sunyono

Abstract


The purpose of this research was to describe the effectiveness of scientific approach on electrolyte and non electrolyte topic to increase inference skill, especially of inducing and judging inductions skill. Two classes as sample were taken by using purposive sampling from all of students in the 10thgrade at SMA Negeri 5 Bandar Lampung for 2014/2015 academic year. This research was quasi experiment using Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. The results showed that the average n-Gain of students inducing and judging inductions skill in experiment and control class 0.53 and 0.44, respectively. Based on hypothesis testing showed that scientific approach on electrolyte and non electrolyte topic was effective to increase students inducing and judging inductions skill.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi elektrolit dan nonelektrolit dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan, khususnya keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun 2014/2015. Dua kelas sampel yang diambil menggunakan teknikpurposive sampling. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan menggunakan Non Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-ratan-Gain keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut 0,53 dan 0,44. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa pendekatan saintifik pada materi elektrolit dan nonelektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi.

Kata kunci: menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi, pendekatan saintifik, elektrolit dan nonelektrolit


Full Text:

PDF

References


Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Ennis, R.H. 1985. Goals fora Critical Thinking Curriculum. Dalam Costa, A.L (Eds.), Developing Minds A Recource Book For Teaching Thinking. Virginia: ASCD.

Fauziah, R. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandung: UPI

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Komtekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Jahro, Siti, I., Nurfajriani, dan Linsawati. 2010. Pengembangan Berpikir Kritis dan Optimalisasi Penerapam Keterampilan Proses Pada Pola Pelaksanaan Semi Riset Praktikum Kimia Anorganik I. Medan: Unimed.

Sarwono, J. 2012. Mengubah Data Ordinal ke Data Interval dengan Metode Suksetif Interval. (Online), (http://joenathansarwono.info/teori/msipdf). diakses pada 20 februari 2015.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika (Edisi keenam). Bandung: PT. Tarsito.

Sunyono, dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suyanti, R. D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tim Penyusun. 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Mendikbud.

Tim Penyusun. 2014. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Mendikbud.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.