EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENJAWAB PERTANYAAN KLARIFIKASI

Fitry Trysya Marchintha, Ila Rosilawati, Sunyono Sunyono

Abstract


The research aimed to describe the effectiveness of scientific approach to improve the skill of answer the clarification question on electrolyte and non-electrolyte topic. Sample was taken by purposive sampling technique from all of student of the 10th grade SMA Negeri 5 Bandar lampung for 2014/2015 academic year and it was obtained the 1st and 2nd of the 10th grade. The method of the research was quasi experiment with non equivalent pretest-posttest control group design. The effectiveness of scientific approach was showed by the significant differences of the n-Gain in the control and experiment of class. The results showed that the average n-Gain of the skill of answer the clarification question in control class was 0.54 and experiment class was 0.62. Thus scientific approach on electrolyte and non-electrolyte topic was effective to improve the skill of answer the clarification question.

Penelitian bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015 dan diperoleh kelas X1 dan X2. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest group design. Efektivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi pada kelas kontrol 0.54 dan eksperimen 0.62. Dengan demikian, pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi elektrolit dan non-elektrolit efektif dalam meningkatkan keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi.

Kata kunci: elektrolit dan non-elektrolit, keterampilan menjawab pertanyaan klarifikasi, pendekatan saintifik


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2013. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Asani, Diska. 2012. Efektivitas Strategi Pembelajaran Murder terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa SMA Negeri 1 Gombang pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications.

Dahar, R.W. 1989. Teoriteori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Ennis, R. H. 1985. Goals For Critical Thinking Curriculum. Dalam Costa (Ed.), Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kristianingrum. 2014. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Scientific. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(16).

Patmawati, H. 2011. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit dengan Metode Praktikum. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rofiuddin, A. 2000. Model Pendidikan Berpikir Kritis. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Saputra, H. A. 2014. Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan Keterampilan Mengevaluasi pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1).

Sarwono, J. 2012. Mengubah Data Ordinal ke Data Interval dengan Metode Suksesif Interval. (Online), http://jonathansarwono.info/teori/msi.pdf, diakses 20 Februari 2015.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendididikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Warsita. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W.S. 2007. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.