EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GENERATING MATERI ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Diantini Diantini, Noor Fadiawati, Ratu Betta Rudibyani

Abstract


The goal of this research was describe the effectiveness of discovery learning model to improve generating ability on electrolyte and non-electrolyte topic. The research was conducted at SMAN 7 Bandar Lampung using two sample classes which they were obtained by purposive sampling. This research used quasi experiment method with non equivalent pretest-posttest control group design. Learning was said to be effective if there are significant differencess between the n-Gain in the control and experiment class. The result showed that the average n-Gain generating ability in control and experiment class 0.25 and 0.59, respectively. Therefore, it can be inferred that on electrolyte and non-electrolyte topic used discovery learning model was effective to improve generating ability.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan generating siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMAN 7 Bandar Lampung menggunakan dua kelas sampel yang diperoleh dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain kemampuan generating pada kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,25 dan 0,59. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi larutan elektrolit dan non-elektrolit menggunakan model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan generating

Kata kunci : discovery learning, kemampuan generating, larutan elektrolit dan non-elektrolit


Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W. dan Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Blooms Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Arends, R.I. 2008. Learning to Teach. Edisi VII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cakir, M. 2008. Contructivist Approaches to Learning in Science and Their Implications for Science Pedagogy: A Literature Review Inter. J. Environ. Sci. Educ, 3 (4): 193-206

Creswell, J.W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi (tidak diterbitkan). Bandung: SPs-UPI.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Majalah Eduspot. FKIP. Universitas Lampung, 10: 8-9.

Joolingen, W. V. 1998. Cognitive Tools for Discovery Learning Inter. J. Artific. Intel. Educ. , 10: 385-397

Meltzer, E.D. 2005. Relation Between Students Problem-Solving Performance and Representational Format. Am. J. Phys. 73, (5), 463.

Munandar, S. C. U. 2008. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Mutoharoh, S. 2011. Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa pada Konsep Laju Reaksi. Skripsi (tidak diterbitkan). UIN Jakarta.

Priyatni, E.P. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rokhim. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Educstion Journal: 2.

Sardiman, A. M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Septiany, D. 2014. Penggunaan Model Discovery Learning Pada Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung : FKIP Universitas Lampung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Tim Penyusun. 2013. Rasional Kurikulum 2013. Jakarta: Kemen-dikbud.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Tucker, P. D. dan Stronge, J. H. 2015. Lingking Teacher Evaluation and Student Learninf. Tersedia di www.ascd.org/publications/books [retrived on june 23, 20115]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.