LKS BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI MENGGUNAKAN MODEL SIMAYANG PADA MATERI LARUTAN ASAM BASA

Ketut Sutamiati, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research used Research and Development method. The research aimed to describe: (1) the eligibilityof the student worksheets which was measured by the results of expert validation; (2) the practicality of the student worksheets which was measured by feasibility of assessment, the teacher, and students responses; (3) the effectivity of the student worksheets where it was measured by assessment of students activity, the self-efficacy, and increasing of the concepts mastery. The results showed that the student worksheet based on multiple representations using SiMaYang Type II model in acid base solution topic is feasible, practicable, and effective to be used increase the self-efficacy and the concepts mastery of students.


Penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan LKS yang diukur dari hasil validasi ahli; (2) kepraktisan LKS yang diukur dari penilaian keterlaksanaan, guru, serta respon siswa; dan (3) keefektivan LKS diukur dari hasil penilaian aktivitas siswa, efikasi diri, dan peningkatan penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis multipel representasi dengan menggunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II pada materi larutan asam basa layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa.

Kata kunci: asam basa, LKS, SiMaYang

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran (LKS). Jakarta: Raja grafindo Persada.

Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran (LKS). Jakarta: Raja grafindo Persada.

Bandura. 1997. Self Efficay The Exercise of Control. New York: W. H Freeman and Company.

Chittleborough, G. D. 2004. The Role of Teaching Models and Chemical Representations in Developing Mental Models of Chemical Phenomena. Doctoral Thesis. Science and Mathematics Education Centre.

Meirina, A. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Multipel Representasi pada Sub Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia. Skripsi. (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sulis, Y. 2010. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dengan Self Efficacy Pada Remaja. Skripsi Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. (OnLine), (http://skripsi.umm.ac.id/files/disk/jiptummpp-sl-2010-yoyoksulis-18509.pdf), diakses 5 Oktober 2010.

Sunyono. 2012a. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar lampung: Aura.

Sunyono. 2012b. Analisis Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental Stoikiometri Mahasiswa. Laporan Hasil Penelitian Hibah Disertasi Doktor_2012. (tidak diterbitkan). Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor. (tidak diterbitkan). Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Sunyono, dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Siswa kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. (tidak diterbikan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tim Penyusun. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta: BSNP.

Widodo, Agung. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Skripsi. (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.