PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PENGETAHUAN PADA MATERI TEORI ATOM BOHR DAN MEKANIKA KUANTUM
Abstract
This research was aimed to describe the validity of knowledge assessment instrument on Bohrs atomic theory and quantum mechanics atomic theory topic. This assessment instrument used multiple choice form test which considering the reliability, validity, level of difficulty, discrimination power, distractors power, sensitivity, and practicability by teachers and students responses. The R&D method was used in this reseach. This assessment instrument was valid based on expert judgement on content suitability, readability, and construction aspects, and it was said practicable based on teachers and students responses where all aspects of it was categorized as high. The empirical testing showed that this assessment instrument have high level of reliability, modest validity, modest level of difficulty, high discrimination power, good distractors, and less sensitive.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas instrumen asesmen pengetahuan pada materi teori atom Bohr dan mekanika kuantum. Asesmen berupa soal pilihan jamak dengan memperhatikan reliabilitas, validitas, tingkat kesukaran, daya beda, daya pengecoh dan sensitivitas soal, serta kepraktisan menurut respon guru dan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D. Instrumen asesmen ini dikatakan valid berdasarkan hasil validasi ahli terhadap aspek keterbacaan, konstruksi, dan kesesuaian soal dengan materi, dan instrumen asesmen dikatakan praktis berdasarkan respon guru dan siswa dimana semua aspek termasuk kategori tinggi. Uji empiris menunjukkan asesmen memiliki nilai reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran soal sedang, daya beda soal tinggi, daya pengecoh opsi jawaban berfungsi baik, validitas butir sedang dan sensitivitas soal kurang sensitif.Kata kunci: instrumen asesmen, reliabilitas, teori atom bohr dan mekanika kuantum
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., and Bloom, B. S. 2001. A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Newyork: Longman.
Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., dan Rahayu, E. S. 2012. Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Literasi Sains Pada Materi Sistem Ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1), 39-43.
Baehaki, F. 2014. Pengembangan Instrumen Assesment Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Husain, R. H. dan Mulyani, S. 2013. Pengembangan Representasi Kimia Sekolah Berbasis Intertekstual Pada Submateri Teori Atom Dalton Dalam Bentuk Multimedia Pembelajaran. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 52-59.
Muderawan, I. W. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(1),1-13.
Mulyana, E. H. 2010. Penilaian dan Asesmen Dalam Pembelajaran IPA. Penelitian-pendidikan, 1(1), 34-39.
Mulyasa, E. 2009. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality, In Alker, Jan Vander, Design Approaches and Tools in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Pubhlisher.
Nurgiyanto, B. 2010. Litera. Jurnal Penelitian Bahasa dan Pengajarannya, 9(1), 70-80.
Putra, R.K. 2013. Efektivitas Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Dasar menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Kimia UNNES, 2(1), 11-16.
Rosidin, U. 2013. Dasar-dasar dan Perancangan Evaluasi Pembelajaran. Bandarlampung: FKIP Universitas Lampung.
Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Sani, R.A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Soleha, A. 2014. Pengembangan Instrumen Assessment Zat Aditif dan Adiktif-Psikotropika Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan Terhadap Lingkungan. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunyono. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generic Sains pada Siswa SMA di Provinsi Lampung. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Jakarta: Dikti.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasisiwa. Disertasi Doktor. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Tim Penyusun. 2003. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3. Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Tim Penyusun. 2013. Diklat Guru. Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013. Analisis Materi Ajar Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta: Kemdikbud.
Tim Penyusun. 2014. Lampiran Permendikbud No. 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Jakarta: Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.