PENGEMBANGAN LKS MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEORI ATOM MEKANIKA KUANTUM
Abstract
This research was aimed to describe the validity, practicality and effectiveness of discovery learning student worksheets on quantum mechanic atomic theory. This research used Research and Development method that consist of: preliminary study, designing student worksheets, expert testing, and preliminary field testing. Preliminary field testing was conducted in 10th grade of MIA5 at SMA Belitang to observe practicality and effectiveness of student worksheets. The validaton result showed that student worksheet has very high validity. The teachers responses on aspect of content, readability, construction, atractiveness and students responses on aspect of readability, atractiveness showed that student worksheets has good practicality. The implementation of student worksheets has very high category and student achievement showed that student worksheet was effective.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektivan Lembar Kerja Siswa dengan model discovery learning pada materi teori atom mekanika kuantum. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan yang terdiri dari: studi pendahuluan, desain LKS, uji ahli serta uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan pada kelas X MIA5SMA Negeri 1 Belitang untuk melihat kepraktisan dan keefektivan dari LKS yang telah dibuat. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKS memiliki validitas yang sangat tinggi. Respon guru terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan, konstruksi, kemenarikan dan respon siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan menunjukkan bahwa LKS mempunyai kepraktisan yang baik. Keterlaksanaan LKS mempunyai kategori sangat tinggi dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa LKS efektif.Kata kunci : LKS, model discovery learning, teori atom mekanika kuantum
Full Text:
PDFReferences
Amalia. 2011. Efektivitas Penggunaan Lembar Kegiatan Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Lingkaran Ditinjau dari Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Arifin, M. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia. Bandung: Erlangga.
Arikunto. 2008. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.
Estuningsih, S., Endang, S., dan Isnawati. 2013. Pengembangan LKS Berbasis Penemuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Pada Materi Subtansi Genetika. Jurnal Bioedu, 2(1), 27-30.
Hanafiah dan Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembeajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosda
Plomp, T., dan Nieveen, N. 2007. An introduction to educational design research. In Proceedings of the seminar conducted at the East China Normal University, Shanghai, (China).
Prasetyo, W. 2012. Pengembangan LKS Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 Kepohbaru Bojonegoro. Jurnal Matematika, 2(1), 2-7.
Purwatiningsi, S. 2013. Penerapan Metode Penemuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Balok. Jurnal Elektronika Pendidikan Matematika Tadulako, 1(1), 53-63.
Rochmawati, E. 2013. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Penemuan Untuk SMA Kelas X Pada Materi Fungi. Jurnal Bioedu, 2(1), 48-51.
Senam, Arianingrum, R., Permanasari dan Suharto. 2008. Efektifitas Pembelajaran Kimia Untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. Jurnal Pendidikan Didaktika, 9 (3), 280-290.
Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT: Tarsito.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: UNY.
Suyanto S., Pidi dan Wilujeng, I. 2011. Lembar Kerja Siswa. Makalah Pembekalan Guru Daerah Luar, Terluar, dan Tertinggal di Akademi Angkatan Udara. Yogyakarta: UNY.
Tim Penyusun. 2008. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.
Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No 59 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA. Yogyakarta: UNY.
Widodo, A. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Yanto, R., dan Enawaty, E. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Makroskopis-Mikroskopis-Simbolik pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan, 2(3), 1-9.
Yasir, M., dan Susantini, E. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Strategi Belajar Metakognitif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pewarisan Sifat Manusia. Jurnal Bioedu, 2(1), 77- 83.
Refbacks
- There are currently no refbacks.