PEMBELAJARAN MODEL SIMAYANG TIPE II PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT
Abstract
This research was aimed to describe the practicality and effectiveness of SiMaYang Type II learning model and characteristic of mental model and concept mastery of students. The 10th grade of IPA1, IPA2, and IPA3 in SMA Gajah Mada Bandar Lampung were taken as samples of this research. This research used pre-experiment method with One Group Pretest-Posttest Design. The results of this research showed that the practicality and the effectiveness of SiMaYang Tipe II were categorized on very high. Mental model of students changed from very bad and bad category to become good and very good category. This learning model was also able to improve n-Gain concept mastery at average category.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model SiMaYang Tipe II serta karakteristik model mental dan penguasaan konsep siswa. Kelas X IPA1, X IPA2, dan X IPA3 di SMA Gajah Mada Bandar Lampung diambil sebagai sampel pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan dan keefektivan yang berkategori sangat tinggi. Model mental siswa berubah dari kategori buruk sekali dan buruk menjadi kategori baik dan baik sekali. Model ini juga mampu meningkatkan n-Gainpenguasaan konsep pada kategori sedang.Kata kunci: model mental, penguasaan konsep, SiMaYang Tipe IIFull Text:
PDFReferences
Devetak, I., Lorber, E.D., Jurievi?, M., & Glaar, S.A., 2009. Comparing Slovenian year 8 and year 9 elementary school pupils knowledge of electrolyte chemistry and their intrinsic motivation. Chem. Educ. Res. Pract. 10, 281290.
Fajaroh dan Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (learning cycle). Malang: Universitas Negeri Malang.
Hadinata, P. 2009. Iklim Kelas dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Psikologi, 3, (1), 93-98.
Harrison, A.G., and Treagust, D.F., 2000. Learning about atoms, Molecules, and Chemical Bonds: a Case Study of Multiple Model Use in Grade 11 Chemistry. Sci. Educ. 84, 352 381.
Jaber, L.Z. and Boujaoude, S., 2012. A Macro Micro Symbolic Teaching to Promote Relational Understanding of Chemical Reactions. Inter. J. Sci. Educ. 34, (7), 973998.
Johnstone, A.H. 1993. The development of chemistry teaching: A changing response to changing demand. J. Chem. Educ. 70, (9), 701-705.
Maryamah, M. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Mojolaban Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis. (Online), (http://tp.pasca.uns.ac.id/?p=34), diakses 1 Mei 2015.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunyono, Wirya, I.W., Suyadi, G., dan Suyanto, E., 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa di Provinsi Lampung. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I Dikti, Jakarta.
Sunyono, 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa di Provinsi Lampung. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun II Dikti, Jakarta.
Sunyono, Yuanita, L., dan Ibrahim, M. 2012. Analisis Keterlaksanaan dan Kemenarikan Model Pembelajaran SiMaYang dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Topik Stoikiometri. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia. 6 Oktober 2012. Universitas Jenderal Soedirman. Purwokerto. 486-489
Sunyono, 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Press.
Sunyono, 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor. Surabaya: Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Sunyono, dan Yulianti, D. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia SMA Berbasis Multipel Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Kimia Siswa Kelas X. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun Pertama. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.