LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP ASAM BASA

Aulia Riska Safitri, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


The study of research and development of student worksheets based on multiple representations with SiMaYang Type II to emerge students mental model and acid base concept mastery have been conducted. After pre-research, the preliminary of student worksheets was developed and validated. The preliminary of student worksheets was tested finitely in the 11th grade of IPA 1 on SMA Gajah Mada Bandar Lampung to measure the practicality and effectiveness of it. The result showed that the student worksheets have high validity, practicality, and effectiveness and the students have good-very good mental model and high n-Gain category of concept mastery.

Telah dilakukan kajian tentang penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis multipel representasi dengan model SiMaYang Tipe II untuk menumbuhkan model mental dan penguasaan konsep asam basa. Setelah studi pendahuluan, LKS dikembangkan dan divalidasi. LKS kemudian diuji coba terbatas di kelas XI IPA 1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung untuk mengukur kepraktisan dan keefektivannya. Hasil menunjukkan bahwa LKS memiliki validitas, kepraktisan dan keefektivan yang tinggi dan siswa memiliki model mental yang baik hingga sangat baik, serta penguasaan konsep dengan kategori n-Gain tinggi.

Kata kunci: asam-basa, LKS, model mental, penguasaan konsep, SiMaYang Tipe II

Full Text:

PDF

References


Baehaki, F. 2014. Pengembangan Instrumen Assessment Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Skripsi.Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Darmojo, H. dan Kaligis, J.R.E. 1992. Pendidikan IPA 2. Jakarta: Depdikbud.

Devetak, I., Erna, D.L., Mojca, J., and Sasa, A. G., 2009. Comparing Slovenian year 8 and year 9 elementary school pupils knowledge of electrolyte chemistry and their instrisic motivation. Chem. Educ. Res. Pract., 10, 281-290.

Greca, I.M., and Moreira, M.A., 2001. Mental Models, Conceptual Models, and Modelling. Inter. J. Sci. Educ.22,1-11.

Johnstone, A. H. 1993. The development of chemistry teaching : A changing response to changing demand. J. Chem. Educ. 70 (9), 701-705.

Prianto dan Harnoko. 1997. Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Saradima, A.2014. Pengembangan LKS dengan Pendekatan Scientific Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Senam, A. (2008). Efektivitas Pembelajaran Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI dengan Menggunakan LKS Kimia Berbasis Life Skill. [On Line]. Tersedia: http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/9308280290.pdf. Diakses pukul 03.12pm tanggal 24 Januari 2015.

Senge, P.M., 2004. The Fifth Discipline. The Art and Practice of The Learning Organization.Doubleday Dell Publishing Group, Inc. New York. 405 page.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sunyono, Wirya, I.W., Suyadi, G., dan Suyanto, E., 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa di Provinsi Lampung. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I-Dikti, Jakarta. (Tidak Dipublikasikan)

Sunyono. 2010. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa di Provinsi Lampung. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun II-Dikti, Jakarta. (Tidak Dipublikasikan)

Sunyono. 2012. Analisis Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental Stoikiometri Mahasiswa. Laporan Hasil Penelitian Hibah Disertasi Doktor_2012. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya. (Tidak Dipublikasikan)

Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Press.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.(Tidak dipublikasikan).

Tim Penyusun. 2013.Elemen Perubahan Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Jakarta: Media Group.

Widodo. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.