PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KINERJA PRAKTIKUM PADA MATERI ASAM BASA

M Weddy Saputra, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This research and development purposed to develop the practice-performance assessment instruments on acid-base and describe teachers response about it. The step in this study began from need analysis. Next, it was planning and developing preliminary product of the practice-performance assessment instruments. Then, preliminary field testing of the practice-performance assessment instruments was done. Analysis of the data used descriptive statistics. The results showed that suitability of content aspects, construction aspects, and readability aspects of the practice-performance assessment instruments are 82,76%, 82%, and 83%, respectively. It was concluded that the product has good criteria.


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen kinerja praktikum pada materi asam basa dan mendeskripsikan tanggapan guru terhadap instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan. Tahap pelaksanaan penelitian ini dimulai dari penelitian dan pengumpulan informasi. Langkah selanjutnya adalah perencanaan dan pengembangan produk awal instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan. Lalu, melakukan uji coba terbatas terhadap instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan. Analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan persentase aspek kesesuaian isi, aspek konstruksi, dan aspek keterbacaan terhadap instrumen asesmen kinerja praktikum yang dikembangkan masing-masing adalah 82,76%, 82%, dan 83%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kriteria sangat baik.

Kata kunci: asam basa, asesmen kinerja, pengembangan instrumen

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Rafika Aditama.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan, Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noviantari, N.M. 2012. Penerapan Self Assessment untuk Mengungkap Kinerja Siswa Kelas X, SMAN 5 Bandar Lampung dalam Praktikum Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Asam Basa. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Subali, B. 2010. Penilaian, Evaluasi, dan Remedial Pembelajaran Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Pembelajaran IPA Terpadu. Pusat Kurikulum. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2013. Permendikbud No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Uno, H. B dan Satria K. 2012. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.