PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI

Murni Ariyanti, Nina Kadaritna, Emmawaty Sofya

Abstract


This research purposes were to : (1) develop student worksheets based on scientific approach on reaction rate; (2) describe characteristic of student worksheets that developed; (3) describe teachers response to student worksheets that developed; (4) describe students response to student worksheets that developed. The research method was method of research and development by Sugiyono (2013) and the research subject was student worksheets base on scientific approach on rate reaction. The validation result was obtained percentage on aspects in suitability of content, readability, and construction were 94.54%; 96%; and 96 %, respectively. The teachers response result was obtained on aspects in suitability of content, readability, and attractiveness were 90.90%; 92%; and 96%, respectively. The results of students response to readability and attractiveness were 84.27% and 80.20%, respectively.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi; (2) mendeskripsikan karakteristik LKS yang dikembangkan; (3) mendeskripsikan tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan; dan (4) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2013) dengan subyek penelitian adalah LKS berbasis pendekatan saintifik. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh presentase penilaian validator pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 94,54%; 96,00%; dan 96,00%. Hasil tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 90,90%; 92,00%; dan 96,00%. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan yaitu 84,27% dan 80,20%.

Kata kunci : laju reaksi, LKS, pendekatan saintifik

Full Text:

PDF

References


Abdul, M. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.

Arsyad, A. 2005. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Arsyad, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja grafindo Persada.

Habibi, I.R. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia Menggunakan LKS dengan Pendekatan Keterampilan Proses (Increasing The Chemistrys Result Of Senior High School Student Using Science Proccess Skill Worksheet). Journal of Chemical Education, 3 (1), 1-7.

Ibrahim, R dan Syaodih S. 2010. Perencanaan pengajaran. Jakata: Rineka Cipta.

Natauly, V. 2014. Pengembangan LKS Zat Aditif dan Psikotropika Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaanan terhadap Lingkungan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rohman, M. dan Sofan, A. 2013. Strategi dan Desain. Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sadiman, A.S, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sani, A. R. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Saradima, A. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono, dkk. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Ilmiah. Jakarta: Kemendikbud.

Tim Penyusun. 2014. Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.