PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI
Abstract
This study was aimed to (1) develop student worksheets based on scientific approach on factors affecting reaction rate, (2) describe characteristic of the student worksheets that developed, (3) describe teacher response of the student worksheets that developed, and (4) describe students response of the student worksheets that developed. The Research and Development method by Sugiono (2013) was used in this study. Limited testing has done at one school in North Lampung. Based on the limited testing result for teacher and students response of the student worksheets that developed, the percentage of teacher response in suitability content, readability, and attractiveness were 94.54%; 93.33%; and 96.00%, respectively. The results of students responses to the readability and attractiveness were also very high, with the percentage until 84.87% and 86.90%, respectively.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, (2) mendeskripsikan karakteristik LKS yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan respon guru terhadap LKS yang dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan menurut Sugiono (2013). Uji coba terbatas dilakukan pada salah satu sekolah di Kabupaten Lampung Utara. Berdasarkan hasil uji coba terbatas pada respon guru dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan, persentase respon guru pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan dan kemenarikan masing-masing adalah 94,54%; 93,33%; dan 96,00%. Hasil respon siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan juga sangat tinggi, dengan persentase masing-masing mencapai 84,87% dan 86,90%.
Kata kunci: faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, LKS, pendekatan saintifikFull Text:
PDFReferences
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan Edisi Ketiga. Jakarta: Bina Aksara.
Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S. B. & Zain, A. 2000. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ernawati, M. D. W. dan Yulia. 2014. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis laboratorium materi titrasi asam-basa untuk siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kota Jambi. J. Indo. Soc. Integ. Chem., 6 (1): 41 -50.
Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. Bandung: UPI.
Martin, M. O., Mullis, I. V. S., Foy, P., & Stanco, G. M. 2012. TIMSS 2011 International Results in Science. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Center, Lynch School of Education, Boston College.
Rohaeti, E., LFX, E. W., dan Padmaningrum, R. T. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10 (1): 1-11.
Saradima, A. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sungkono. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III: Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Penerbit Imtima.
Tim Penyusun. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Kemdikbud.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Widyantini, T. 2013. Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) sebagai Bahan Ajar. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.