PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ELABORASI PADA LARUTAN ELEKTROLIT NON-ELEKTROLIT
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir elaborasi siswa pada materi larutan elektrolit non-elektrolit . Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 4 Metro semester genap Tahun Pelajaran 2013/2014 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X7dan X2. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir elaborasi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,66 dan 0,51. Berdasarkan pengujian hipotesis, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model problem solvingefektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir elaborasi siswa pada materi larutan elektrolit non-elektrolit .
Kata kunci: kemampuan berpikir elaborasi, larutan elektrolit non-elektrolit, model problem solving
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan (Edisi Ketiga). Jakarta: Bina Aksara.
Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Kimia SMA/MA. Jakarta : BSNP.
Craswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches.New Delhi : Thousand Oaks-London-New. Sage Publications.
Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Killen, R. 2009. Effective Teaching Strategies. Australia : social science press.
Nuraeni, N. dkk. 2010. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Generatif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. (Skripsi). Bandung : UPI-Bandung.
Rini, N. M. U. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Pokok Larutan Non Elektrolit dan Elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Menyimpulkan. (Skripsi). Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung : PT. Tarsito.
Syafriany, S. 2013. Upaya Meningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Pokok Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. (Skripsi). Medan : Universitas Sumatera Utara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.