PENGEMBANGAN PROSEDUR PRAKTIKUM PENGARUH KATALIS TERHADAP LAJU REAKSI BERBASIS GREEN CHEMISTRY

Saiful Muhammad Syahri Fitrian, Noor Fadiawati, lisa Tania

Abstract


This research was aimed to develop practicum procedures of catalyst effect on the reaction rate based green chemistry. This research method used research and development. In the preliminary stage of the source of data ware the students and teachers while in the trial stage is the validator, students, and teacher. Based on teacher responses the developed practicum procedur in the graphic aspects was very high (91.43%) and the content’s suitability aspects was very high (92,31%). Based on student responses to the practicum procedure developed has a very high content's suitability (86.92%). The result of observation enforceability practicum procedure, that the students ware able to use pipette and measuring glass.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur praktikum pengaruh katalis terhadap laju reaksi berbasis green chemistry. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pada tahap pendahuluan yang menjadi sumber data adalah siswa dan guru sedangkan pada tahap uji coba yang menjadi sumber data adalah validator, siswa, dan guru. Berdasarkan tanggapan guru terhadap prosedur praktikum yang dikembangkan memiliki aspek grafika yang sangat tinggi yaitu 91,43% dan memiliki tingkat kesesuaian isi sangat tinggi yaitu 92,31 %. Berdasarkan tanggapan siswa terhadap prosedur praktikum yang dikembangkan memiliki aspek kesesuaian isi sangat tinggi dengan persentase 85,66%. Hasil pengamatan keterlaksanaan prosedur praktikum berupa keterampilan penggunaan alat praktikum bahwasannya siswa mampu menggunakan pipet tetes dan gelas ukur dengan benar.

 

Kata kunci: green chemistry, katalis, prosedur praktikum

Full Text:

PDF

References


Anastas, P. T. and Warner, J. C. 1998. Green Chemistry: Theory and Practice. New York: Oxford University Press.

Arifin, M. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UPI.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Jahro, I. S. 2009. Desain Praktikum Alternative Sederhana (PAS) Wujud Kreatifitas Guru Dalam Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Pada Pembelajaran Kimia. (Jurnal). Medan: UNIMED.

Kalie, M. B. 2000. Bertanam papaya. Jakarta: Penebar Swadaya.

Ngabidin, M. 2006. Dari Permainan Kimia Sampai Praktikum Alternatif Mandiri Aneka Kreatifitas Pembelajaran Dengan Bahan Dasar Limbah Lokal Sebagai Upaya Guru Untuk Mengkondisikan Enjoyfull Learning Dalam Pembelajaran Kimia. (Makalah). Jakarta: Konfrensi Guru Indonesia.

Rismawati. 2012. Pengembangan Penuntun Praktikum Alternatif Sederhana Sebagai Pendamping Penuntun Praktikum Standar Kimia SMA Kelas Xi. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Rohani, M.Y. 1994. Papaya: Fruit development post harvest physiology handing and marketing in asean. Kuala lumpur: Malaysia agricultural research and development.

Rufianti, E. 2011. Katalis. (online) http://skp.unair.ac.id/repository/Guru-Indonesia/Katalis_EtnaRufiati_10880.pdf

Setiawan, E. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (online) http://kamusbahasaindonesia.org/praktikum#ixzz30cGiuDKT.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Suhartono, M. T. 1992. Protease. Jakarta: Departement pendidikan dan kebudayaan direktorat jendral pendidikan tinggi.

Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.