ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI ASAM-BASA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir lancar pada materi asam-basa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Swadhipa Natar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian analisis pembelajaran materi asam-basa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing menunjukkan bahwa kemampuan berpikir lancar pada kelompok tinggi 42,86% berkriteria sangat baik, dan 57,14% berkriteria baik; kelompok sedang, 12,5% berkriteria sangat baik, 68,75% berkrikeria baik, 12,5% berkriteria cukup, dan 6,25% berkriteria kurang; kelompok rendah, 44,44% berkriteria sangat baik, 44,44% berkriteria baik, dan 11,11% berkriteria cukup.
Kata kunci: asam-basa, inkuiri terbimbing, kelompok kognitif, kemampuan berpikir lancar.
Full Text:
PDFReferences
Arends. R. I. 2008. Learning to teach. Singapore: Mc Graw-Hill book Company.
Dahar, R.W. 1989. Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.
Munandar, S.C. Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadbudhy, E.R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita.
Saputra, A. 2011. Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Bandar Lampung: UNILA. Tidak diterbitkan.
Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pramuda Media Group.
Sohibi dan Siswanto. 2012. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Tim penyusun. 2013. Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD). Jakarta: Kemendikbud.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. 2010. Model Pembelajarn Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.