PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN DAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM DASAR KIMIA MELALUI INKUIRI TERBIMBING

Rosmawati Rosmawati, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe effectiveness of guided inquiry learning model in improving conclused skills and students concepts mastery in basic laws of chemistry material.  Population in this research were students class X Senior High School 13 Bandar Lampung 2013/2014 odd semester.  The sample in this research were part of research population (students class X Senior High School 13 Bandar Lampung).  Sample of this study were class X1 and class X3 Senior High School 13Bandar Lampung.  Kind of this research was experiment mastery used Non-equivalent Control Group DesignEffectiveness of learning predict used n-Gain, normalitas experimental, varians two homogenitas experimental, t-experimental.  The results showed that: (1) rate n-Gain of conclused skills and  students concepts mastery of experimental class were 0,44 and 0,54 and control class were 0,40 and 0,45, (2) experimental class by guided inquiry learning model had conclused skills and  students concepts mastery were higher than control class by convensional learning.  So, it can be concluded that guided inquiry learning model more effective in improving conclused skills and  students concepts mastery in basic laws of chemistry material in Senior High School 13 Bandar Lampung.

 

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 semester ganjil.  Dalam penelitian ini yang bertindak sebagai sampel adalah bagian dari populasi penelitian (siswa kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung).  Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan  X3 SMA Negeri 13 Bandar Lampung.  Jenis penelitian ini adalah kuasai eksperimen dengan menggunakan Non-equivalent Control Group Desain.  Efektivitas pembelajaran diukur berdasarkan n-Gain, uji normalitas, uji homogenitas dua varians, dan uji t.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata n-Gain kemampuan menyimpulkan dan penguasaan konsep kelas eksperimen adalah 0,44 dan 0,54 dan kelas kontrol adalah 0,40 dan 0,45, (2) kelas eksperimen dengan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki kemampuan menyimpulkan dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dari pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional.  Jadi,dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimpulkan dan penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia SMA Negeri 13 Bandar Lampung.

Kata kunci :   kemampuan menyimpulkan, pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan   konsep.

Full Text:

PDF

References


Apriyanto E. 2010. Perbandingan Penguasaan Konsep Hukum-Hukum Dasar Kimia antara Pembelajaran Menggunakan Metode Eksperimen Berbasis Keterampilan Generik Sains dengan Metode Tanya Jawab Konvensional. Skripsi. FKIP Unila. Bandar Lampung. Tidak Diterbitkan.

Djamarah, S.B. dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferry, J. H. 2012. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Meng-komunikasikan dan Penguasaan Konsep Hukum-hukum Dasar Kimia. Skripsi. FKIP Unila Bandar Lampung. Tidak Diterbitkan.

Hariwibowo, dkk. 2009. Makalah Pembelajaran Proses: Pendekatan Keterampilan Proses. www.yahoo.com. CERPEN LUBIS GRAFURA. Lubis Grafura (Ed). 30 April 2012 http://lubisgrafura.wordpress.com/2009/05/26/ makalah-pembelajaran-proses-pendekatan-keterampilan-proses/.

Ibrahim, M. 2000.Pembelajaran Inkuiri. Herfis (Ed). Juli 2009. 25 April 2011 http://herfis.blogspot.com/2009/07/pembelajaran-inkuiri.html.

Katamso, E. 2010. Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Memecahkan Masalah Pada Materi Pokok Hukum-hukum Dasar Kimia. Skripsi. FKIP UNILA. Bandar Lampung. Tidak Diterbitkan.

Gulo dalam Trianto. 2010. Men-desain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudjana. 2002. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi konstruktivisme.

Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.