PENINGKATAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E
Abstract
This study aims to describe an effective instructional model in increasing students' interest and concept’s mastery of class X in non-electrolyte and electrolyte solution material. The population are the class X of SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung with X 8 as experiment class and X 7 as control. The design in this research is non equivalent control group design.The research’s results showed the mean of the index gain interest in the control and experimental classes respectively 0,26 and 0,54; and the mean index gain mastery of concepts for the control and experimental classes respectively 0,36 and 0,43. Based on hypothesis testing, it was concluded that learning through the class with Learning Cycle 5E has an interest and mastery of concepts that is higher than learning conventional class. This suggests that the learning material through Learning Cycle 5E is more effective in increasing students' interest and mastery of concepts.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa kelas X pada materi larutan non elektrolit dan elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung dengan kelas X 8 sebagai kelas eksperimen dan X 7 sebagai kelas control. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design.Hasil penelitian menunjukkan n-Gain minat untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,26 ; 0,54; dan n-Gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,36 dan 0,43. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran melalui Learning Cycle 5E memiliki minat dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih efektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep siswa.
Kata kunci:learning cycle 5E, minat, penguasaan konsep.
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum
Purnajanti, L. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Termokimia Melalui Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang.Proseding Seminar Nasional LS IV: Universitas Negeri Malang. Malang.
Riyanto, C.A. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kuantum untuk Meningkatkan Minat dan Penguasaan Konsep Koloid Siswa SMA N 8 Bandarlampung. Skripsi. FKIP Universitas Lampung Bandarlampung
Sardiman, A.M. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Sudjana, N. 2002. Metode Statiska. PT. Tarsito. Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.