ANALISIS KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENYIMPULKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menyimpulkan pada materi koloid menggunakan model pembelajaran Problem Solving untuk siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA5 SMA Negeri 1 Natar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, desain one shot case study, dan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan memberikan penjelasan sederhana pada kelompok tinggi 30% berkriteria sangat baik, 60% baik, dan 10% cukup. Pada kelompok sedang, 10% sangat baik, 65% baik, dan 25% cukup. Pada kelompok rendah, 10% sangat baik, 40% baik, dan 50% cukup. Keterampilan menyimpulkan pada kelompok tinggi 20% sangat baik, 60% baik, dan 20% cukup. Pada kelompok sedang 10% berkriteria sangat baik, 70% baik, dan 20% cukup. Pada kelompok rendah 30% berkriteria baik, 60% cukup, dan 10% kurang.
Kata kunci: kelompok kognitif, keterampilan memberikan penjelasan sederhana, keterampilan menyimpulkan, problem solving.
Full Text:
PDFReferences
Aeniah, R. 2012. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Hidrolisis Garam Menggunakan Model Problem Solving. Skripsi. Diakses pada tanggal 28 November 2012 dari http://repository. upi.edu/operator/upload/s_kim_0807110.pdf
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah . BSNP. Jakarta.
Costa, A.L. 1985. Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD. Alexandria.
Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta
Gustini, N. 2010. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Pengaruh Ion Senama dan pH Terhadap Kelarutan dengan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif. Skripsi. Diakses tanggal 2 Oktober 2012 dari http://repository.upi.edu /operator/upload/s_d0451_0606857.pdf
Nasution. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Nessinta, N. 2009. Penerapan Metode Problem Solving Pada Materi Pokok Asam Basa Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA 10 Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tidak dipublikasikan.
Purlistyani, Ika. 2012. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Pembelajaran Sifat-Sifat Koloid dengan Metode Discovery-Inquiry. Skripsi. Diakses tanggal 14 Maret 2013 dari http://repository.upi.edu/ operator/upload/s_kim_0807600.pdf
Sudbudhy, Endang R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Sekarmita. Jakarta.
Sulastri. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Reaksi Redoks Dalam Meningkatkan Keterampilan Memberikan Alasan Dan Menarik Kesimpulan Serta Penguasaan Konsep Siswa. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tidak dipublikasikan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.