ANALISIS KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi koloid dengan penerapan model probem solving untuk siswa kelompok kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA1 SMA N 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil analisis data disimpulkan (1) keterampilan mengkomunikasikan, kelompok tinggi 88,89% siswa berkriteria sangat baik, dan 11,11% baik; kelompok sedang 27,22% berkriteria sangat baik, 59,08% baik, dan 13,7% cukup; kelompok rendah 22,22% berkriteria sangat baik, 33,33% baik dan 44% cukup. (2) Keterampilan menyimpulkan, kelompok tinggi 77,7% siswa berkriteria sangat baik, dan 22,3% baik; kelompok sedang 36,6% berkriteria sangat baik, dan 63,4% baik; kelompok rendah 11,11% berkriteria sangat baik, 66,67% baik, dan 22 % cukup.
Kata kunci: koloid, mengkomunikasikan, menyimpulkan, problem solving.
Full Text:
PDFReferences
Amelia, Della. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Inferensi dan Mengkomunikasikan Siswa pada Materi Koloid. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Depdiknas. 2008. Rambu-Rambu Pengakuan Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB). Depdiknas. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Rosnawati. 2011. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas XI Pada Sub Pokok Bahasan Sifat-Sifat Koloid Melalui Pembelajaran STM. Skipsi. Diakses tanggal 21Juni 2013 dari http://repository.upi.edu
Sudbudhy, Endang R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Sekarmita. Jakarta.
Sulastri, Osi. 2012. Analisis keterampilan proses sains siswa kelas XI pada pembelajaran hidrolisis garam menggunakan model problem solving. Skripsi. Diakses tanggal 21 Juni 2013 dari http://repository.upi.edu
Refbacks
- There are currently no refbacks.