ANALISIS KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN PADA MATERI KOLOID DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Wanggi Setra, Ila Rosilawati, Tasviri Efkar

Abstract


This research aimed to describe the skills of communicating and infering on colloidal material with application of problem solving learning model for high, medium, and low cognitive groups students. The subjects were XI Science 1 of Senior High School 12 Bandar Lampung 2012/2013. This research was pre-experimental research design with one shot case study. It used descriptive analysis. Based on the analysis, it can be concluded that (1) the students’ skill in communicating, in high group, 88,89% was excellent, and 11,11% good; in medium group, 27,22% was excellent, 59,08%  good, and 13,7%  enough; in the low group, 22,22% was excellent, 33,33% good, and 44% enough. (2) the students’ skill of inferring, in high group, 77,7% was excellent, and 22,3% good; in medium group, 36,6% was excellent, and 63,4% good; in the low group, 11,11% was excellent, 66,67%  good, and 22% enough.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan pada materi koloid dengan penerapan model probem solving untuk siswa kelompok kognitif tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XI IPA1 SMA N 12 Bandar Lampung tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupa­kan pre-eksperimen dengan desain penelitian one shot case study. Analisis data menggunakan analisis deskriptif.  Dari hasil analisis data disimpulkan (1) keterampilan mengkomunikasikan, kelompok tinggi 88,89% siswa berkriteria sangat baik, dan 11,11% baik; kelompok sedang 27,22% berkriteria sangat baik, 59,08% baik, dan 13,7% cukup; kelompok rendah 22,22%  berkriteria sangat baik, 33,33% baik dan 44% cukup. (2) Keterampilan menyimpulkan, kelompok tinggi 77,7% siswa berkriteria sangat baik, dan 22,3% baik; ke­lom­pok sedang 36,6% berkriteria sangat baik, dan 63,4% baik; kelompok rendah 11,11% berkri­teria sangat baik, 66,67% baik, dan 22 % cukup.

Kata kunci: koloid, mengkomunikasikan, menyimpulkan,  problem solving.


Full Text:

PDF

References


Amelia, Della. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Inferensi dan Mengkomunikasikan Siswa pada Materi Koloid. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Depdiknas. 2008. Rambu-Rambu Pengakuan Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB). Depdiknas. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta

Rosnawati. 2011. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Kelas XI Pada Sub Pokok Bahasan Sifat-Sifat Koloid Melalui Pembelajaran STM. Skipsi. Diakses tanggal 21Juni 2013 dari http://repository.upi.edu

Sudbudhy, Endang R dan I M Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Sekarmita. Jakarta.

Sulastri, Osi. 2012. Analisis keterampilan proses sains siswa kelas XI pada pembelajaran hidrolisis garam menggunakan model problem solving. Skripsi. Diakses tanggal 21 Juni 2013 dari http://repository.upi.edu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.