The Effectiveness of Blended-Discovery Learning Model in Improving Mastery of Acid-Base Concepts
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Anisa, E. N., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 283-295
Burhendi, F. C. A., Lb, W. D., Kusdiwelirawanc, A., & Sagitad, D. D. 2019. Implementation of Blended Learning to Use Discovery Learning Method. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(6), 153-163.
Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Republik IndonesiaNomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Mitra Karya
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto. 2019. Blended Learning Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi. Bali : Swasta Nulus
Fraenkel, R. J, Wallen, E. N, dan Hyun, H. Helen. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education : Eight Edition.USA : McGraw-Hill Companies,Inc.
Hake, R. R. 1998. Interactive Engagment vs Traditional Methods: A Six Tousandstudent Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Course. American Journal of Physics, 66(1): 1
Halim, A., Ahyuni, A., & Andriani, W. 2021. The impact of PhET virtual lab worksheets on student learning outcomes on sound wave materials. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1806, No. 1, p. 012033). IOP Publishing
Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, N., Jalinus, N., & Syahril. 2019. Buku Model Blended Learning. Riau : Unilak Press.
Niasri, N., Cahyono, E., & Supranowo, S. 2019. Analisis Hasil Belajar Dan Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Asam Basa Dengan Metode Blended Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(2)
Nikmah, A., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2018. Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 7(2)
Putri, D. R., Rudibyani, R. B., & Sofya, E. (2017). Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(2), 140459.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. 2020. Laboratorium Virtual: Media Praktikum Online Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 45-51).
Utari, R. 2012. Taksonomi Bloom-Apa dan Bagaimana Menggunakannya? Widyaismara M adya, Pusdiklat KNKP
Onta, M. R. 2018. Efektivitas Penerapan Model Blended learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkj-A Smk Asisi Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan, dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widyaningsih, O., Yudha, C. B., & Nugraheny, D. C. 2020. Pengembanagn Model Blended Learning untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 143–156.
Wijiastuti, T. N., & Nurhayati, S. 2021. The Effectiveness of Discovery Blended Learning on Concept Understanding and Student Motivation. Research Horizon, 1(4), 150-156.
Wulandari, S., & Nasir, M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X Sma Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 3(2).
Yuniarti, F., Dewi, P., & Susanti, R. 2012. Pengembangan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Materi Pembiakan Virus. Journal of Biology Education, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.