Efektivitas Model PLGI untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Garam Menghidrolisis
Abstract
This study aims to describe the PLGI model in improving students' high order thinking skills in hydrolyzing salt topics. This research used a quasi-experiment with pretest-posttest control group design; furthermore, a purposive sampling technique was used to determine the samples, thus XI MIPA 1 was chosen as an experimental class and XI MIPA 2 was a control class. The data analysis technique is the non-parametric statistical test, the Mann-Whitney U test. In this study, the average n-gain of the experimental and control classes is 0.67 and 0.49 both of which were in the medium category. After tested by Mann-Withney U, there is a significant difference in the mean n-gain of high order thinking skills of students in the experimental class and the control class with the value of Asymp. sig. (2-tailed) is 0.00. This shows that the PLGI model is effective to improve the students' high order thinking skills.
Keywords: hydrolyzing salt, high order thinking skill, PLGI model.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model PLGI untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi garam menghidrolisis. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design, pengambilan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji Mann-Withney U. Pada penelitian ini diperoleh rata-rata n-gain kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,67 dan 0,49 yang keduanya termasuk kategori sedang. Setelah diuji statistik, didapatkan perbedaan yang signifikan rata-rata n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Asymp. sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa model PLGI efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Kata kunci : garam menghidrolisis, keterampilan berpikir tingkat tinggi, model PLGI.
Full Text:
PDFReferences
Atmadi, A., & Setianingsih, Y. (2000). Transformasi pendidikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Anderson, L. W., & Karthwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman.
Beneteau, C., Gordon F., Xiaoying X., Jennifer E. L., Kandethody R., Scott C., & John H. (2016). Peer-led guided inquiry in calculus at the university of south florida. Journal of STEM Education. 17(2): 5-13.
Damayanti, I. (2014). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar pelajaran IPA. JPGSD, 2(3): 1-12.
Dewi, N., & Riandi. (2016). Analisis kemampuan berpikir kompleks siswa melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan mind mapping. EDUSAINS, 8(1): 98-107.
Dewi, S. W. (2010). Pembelajaran peer-led guided inquiry pada materi redoks dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa. (Tesis). Bandung: UPI Bandung.
Effendy. (2017). Molekul, struktur dan sifat-sifatnya. Malang: Indonesian Academic Publishing.
Hake, R. R. (1998). Interactive engagement versus traditional methods: six thousand student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1): 64-74.
Jensen, J. L., McDaniel, M. A., Woodard, S. M., & Kummer, T. A. (2014). Teaching to the test or testing to teach: Exams requiring higher order thinking skills encourage greater conceptual understanding. Educational Psychology Review, 26(2): 307-329.
Khofifahtin., & Bertha, Y. (2013). Ketuntasan belajar siswa dalam berpikir tingkat tinggi pada materi pokok larutan asam basa kelas xi sman 1 gedangan sidoarjo dengan menerapkan model inkuiri. UNESA. Journal of Chemical Education, 2(2): 51-56.
Kulatunga, U, Richard, S. M. & Jennifer E. L. (2013). Argumentation and participation patterns in general chemistry peer-led sessions. Journal Of Research in Science Teaching, 50(10): 1207-1231.
Lewis, S. E., & Lewis, J. E. (2008). Seeking effectiviveness and equity in a large college chemistrycourse : An HLM investigation of peer-led guided inquiry. Journal of Research in Science Teaching, 45(7): 794-811.
Rutmansyah. (2010). Penetapan metode latihan berstruktur dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep kimia. Jurnal Pendidikan Nasional dan Kebudayaan, 35(4): 95-109.
Sani, R. A. (2016). Penilaian autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Saumi, M., Sanjaya., dan Anom K. W. (2014). Peningkatan hasil belajar kimia melalui peran tutor sebaya siswa kelas XA SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1): 43-50.
Sunyono. (2012). Buku model pembelajaran berbasis multipel representasi (model SiMaYang). Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.
Suryati. (2013). Pengaruh model LC dipadu diagram alir terhadap kualitas proses, hasil belajar dan kemampuan metakognitif siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1): 1-13.
Refbacks
- There are currently no refbacks.