PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN PADA MATERI LAJU REAKSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN

Evy Yanti, Noor Fadiawati, Nina Kadaritna

Abstract


The aim of this research is to describe the effectiveness of predict-observe-explain (POE) learning model in reaction rate concept to enhance giving reasons skillStudents who became the subject of this research was XI grade of Science 1 Bandar Lampung Senior High School in Bandar Lampung Academic Year 2012/2013.  This research used the pre-experimental method and one group pretest-posttest design.  The effectiveness of POE learning model was determined based on the average value of n-GainThe results of this research showed that the average value of n-Gain of giving reasons skill was 0,66Thus, it can be concluded that the POE learning model in reaction rate concept effective to enhance giving reasons skill in medium category.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran predict-observe-explain (POE) pada materi laju reaksi dalam meningkatkan keterampilan memberikan alasan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Bandar Lampung kelas XI IPA1 Tahun Ajaran 2012-2013.  Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design.  Efektivitas model pembelajaran POE diukur berdasarkan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan memberikan alasan sebesar 0,66. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran POE pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan alasan dengan kriteria sedang.

Kata kunci: keterampilan memberikan alasan, laju reaksi, pembelajaran POE.


Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Creswell, John W. 1994. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Sage Publications. London.

Ennis, R.H. 1985. Goals for A Critical Thiking Curriculum. Costa, A.L. (Ed). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandra, Virginia: Assosiation for Supervisions and Curriculum Development (ASCD).

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change-Gain Scores . http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses 20 Juni 2012.

Indrawati dan Setiawan, Wanwan. 2009. Pembelajaran inovatif Kreatif dan Inovatif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta : PPPPTK IPA.

Nurjanah. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Tekanan dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa MTS. Tesis. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Redhana, I.W. dan Liliasari. 2008. Program Pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis Pada Topik Laju Reaksi Untuk Siswa SMA. Diakses tanggal 30 Desember 2012.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Kanisius. Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.