Efektivitas PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes Pada Larutan Penyangga

Ana Zuhriatun Nisa, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of problem based learning model to improve student’s flexibility thinking skill on buffer solution topic.  The research method used was quasi experimental with non-equivalenpretest-postest control group designThe sample of this research were students on one of Senior High School in Tulang Bawang Barat for 2017-2018 academic year in grade XI IPA 1 as a experiment class and XI IPA 2 as a control class that was obtained by using cluster random sampling. The effectiveness of problem based learning model was showed by the significant difference for average n-Gain of flexible thinking skill between the experiment and control class, for experiment class was 0,75 with high categorize and for control class was 0,37 with middle cateogorize. The effectiveness was also supported by data of the teacher’s ability to manage learning with high criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir luwes pada materi larutan penyangga.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalen pretest-postest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari salah satu SMA di Tulang Bawang Barat tahun pelajaran 2017/2018 di kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diperoleh menggunakan cluster random sampling.  Efektivitas model Problem Based Learning ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir luwes yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori “tinggi” dan kelas kontrol sebesar 0,37 dengan kategori “sedang”.  Efektivitas juga didukung dengan data kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan kriteria tinggi.

 

Kata kunci: berpikir luwes, Problem Based Learning, larutan penyangga


Full Text:

PDF

References


Aidoo, B., Sampson K.B., Philip

S.K., & Isaac O. 2016. Effect of Problem-Based Learning on Students’ Achievement in Chemistry. Journal of Education and Practice. 7(133):104.

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education,12(1):99-118.

Fraenkell, J.R., & Norman E.W. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Higher Education.

Hake, R.R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. Dept. of Physics, Indiana University. Tersedia di: http://www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-gain.pdf diakses pada 02 Januari 2018.

Jahjouh, Y.M.A. 2014. The effectiveness of Blended E-Learning Forum In Planning For Science Instruction. Journal Of Turkish Science Education, 11(4) 3-16.

Munandar, U. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Santika, A.D., Ratu B.R., & Tasviri E. 2016. Penerapan Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes Materi Elektrolit/Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (3):115.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sulaeha, St, Muhammad D., dan Mohammad W. 2016.Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tamalatea Kabupaten Jeneponto (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Oksidasi). Jurnal Chemica, 17(2):95-96.

Tan, O.S. 2009. Problem-Based Learning and Creativity. Singapore: Cengage Learning Asia Pte Ltd.

Tim Penyusun, 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.

Tim Penyusun, 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Jakarta.

Tim Penyusun, 2014. Penuntun Praktikum Kimia Dasar. Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Triwibowo. 2015. Deskripsi Efektivitas Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga dan SMP Negeri 2 Rembang. Bachelor Thesis. Universitas Muhammadiyah Padang.

Uce, M., & Ismail A. 2016. Problem

Based Learning Method: Secondary Education 10th Grade Chemistry Course Mixture Topic. Journal of Education and Training Studies, 4(16):31.

Wulandari, W., Liliasari F.M., & Titin S. 2011. Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA,16(2):117.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.