Efektivitas Discovery Learning dalam Meningkatkan KPS Materi Elektrolit dan Non Elektrolit Ditinjau Jenis Kelamin

Indah Rahmawati, Ila Rosilawati, Noor Fadiawati

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of discovery learning model to improve science process skills (SPS) on electrolyte and non electrolyte topic related to gender. The method of the research was quasi experimental with 2x2 factorial design. Population was all students of class X IPA senior high school in Bandarlampung on academic year 2017/2018. Samples in this study were students of X IPA 3 as experimental class and students of X IPA 1 as control class which obtained by using purposive sampling technique. The statistical analysis used two ways ANOVA and descriptive analysis. The result of the research showed that no interaction between the use of discovery learning model with gender on student’s SPS, discovery learning model was effective to improve the SPS, the percentage of male students with high n-gain categories is higher than the percentage of female students.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit ditinjau dari jenis kelamin. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis statistik menggunakan ANOVA dua jalur dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara penggunaan model discovery learning dengan jenis kelamin terhadap KPS siswa, model discovery learning efektif untuk meningkatkan KPS, persentase siswa laki-laki yang memiliki kategori n-gain tinggi lebih tinggi daripada persentase siswa perempuan.

Kata kunci: jenis kelamin, elektrolit dan non elektrolit, KPS, model discovery learning

Full Text:

PDF

References


Abruscato, J. 2001. Teaching Children Science: Discovery Methods for the Elementary and Middle Grades. USA: Allyn dan Bacon Pearson Education Company.

Amunga, J. K., Amadalo, M. M., & Musera, G. 2011. Disparities in chemistry and biology achievement in secondary schools: Implications for vision 2030. Journal of Humanities and Social Science,1 (18): 226.

Balim, A. G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, Issue 35: 1-2.

Carin, A. A. 1997. Teaching Science Through Discovery Eighth Edition. Upper Saddle River: Prentice-Hall, Inc.

Ellen, J. Y. dan J. P. Brik. 2006. Misconceptions about the Particulate Nature of Matter Using Animations To Close the Gender Gap. Journal of Chemical Education Vol. 83 N. 6.

Ervina, N. 2017. Efektivitas LKS Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Larutan Penyangga Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender Siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi. SPs-UPI. Bandung.

__________. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Majalah Eduspot. FKIP. Universitas Lampung. 10: 8-9.

Firman. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI. Bandung.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evalute Researche in Education. Eight Edition. New York: McGraw-Hill Inc.

Haji, S. 2007. Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hake, R. R. 1999. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1):(64-74).

Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan KPS. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1): (1-13).

Haryono, Y. 2017. Efektivitas LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender Siswa. Skripsi. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia. Bogor.

Ismail, F. 2008. Manajemen berbasis sekolah: solusi peningkatan kualitas pendidikan. Jurnal IQRA’ STAIN Manado. 5, 1-11.

Jensen, E. 2008. Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: Indeks.

Karyadi, Benny. 2005. Pendidikan Kimia dalam Mewujudkan Pertumbuhan Industri yang Ramah Lingkungan dan Hemat Energi. Makalah Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia Jurusan Kimia FMIPA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kurnia, W. G. M. 2013. Kemampuan Komunikasi Efektif Dengan Deefleksi Implementasi Kurikulum 2013. Seminar FMIPA. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Krutetskii, V. A. 1976. The Psychology of Mathematics Abilities in school children. Chicago: The University of Chicago press.

Lestari, N. D. F. 2010. Profil Pemecahan Masalah Matematika Open-Ended Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau dari Perbedaan Gender dan Kemampuan Matematika. Tesis. Surabaya: Unesa.

Lestari, M. Y dan N. Diana. 2016. Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Praktikum Fisika Dasar 1. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 01 (1): 49-54.

Monhardt, L., & Monhardt, R. 2006. Creating a Context for the Learning of Science Process Skills through Picture Books. Early Childhood Education Journal. 34(1) : 67–71.

Narwoko, D. dan B. Yuryanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Nelyza, F., M. Hasan., M. Musman. 2015. Implementasi Model Discovery Learning pada Materi Laju Reaksi untuk Meningkatkan KPS dan Sikap Sosial Peserta Didik Mas Ulumul Qur’an Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol. 03 No. 2: 14-21.

Pratiwi, F. A. 2014. Penggunaan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Universitas Tanjung Pura Pontianak. p.1-16.

Risdianto, H., I. Karnasih., dan H. Siregar. 2013. The Diffrence of Enhancement Mathematical Problem Solving Ability and Self-Efficiency SMA with MA Students IPS Program Through Guided Inquiry Learning Model Assisted Autograph Software in Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA. Vol. 6 No. 1:88.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi 3 Buku 1. Salemba Humanika. Jakarta.

Semiawan, C., dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses (KPS). Jakarta: PT Gramedia.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. PT Tarsito. Bandung.

Sujana, N. 1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.

Sumintono, B. 2010. Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru-Guru Sains SMPN di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol.15 No 2: 120-127.

Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdikarya. Bandung.

Tenaw, Y. A. 2013. Relationship between self-efficacy, academic achievement and gender in analytical chemistry at Debre Markos College of teacher education. Journal of Chemical Education. 3 (1): 3-28.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No.59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kemendikbud. Jakarta.

___________. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Nomor 58. Kemendikbud. Jakarta.

Trowbridge, L. W dan R. W. Bybee. 1990. Becoming a Secondary School Teacher. Columbus: Charles E. Merrill Publishing Company.

Veloo, A., dkk. 2015. Gender and Ethnicity Differences Manifested in Chemistry Achievement and Self-Regulated Learning. Journal of International Education Studies. 8(8):1-12.

Wahyudi. 2015. Penerapan Model Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Pengukuran ditinjau Dari Gender Pada Siswa. IKIP PGRI. Pontianak.

Yunita, R. D., I. Rosilawati., L. Tania. 2015. Efektivitas Pendekatan Ilmiah Pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Merencanakan. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia. 4(1): 1-15.

Zubaidah, S., S. Mahanal., L. Yuliati dan D. Sigit. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/ MTs Kelas VIII. Kemendikbud. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.