Efektivitas SiMaYang Tipe II dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Struktur Atom
Abstract
The goal of this research was describe the effectivity and practicality Simayang Type II model to improve self efficacy and mastery of concepts on atomic structure topic. This research used quasi experimental method with One Group Pretest-Postest Design. Sampling was performed using cluster random technique with all of the 10th grade student in SMA Negeri 7 Bandar Lampung as population. The practicality of SiMaYang Type II was known through implementation lesson plans, students responses, teachers observation, and students activity for the sampel classified high category. The effectivity of SiMaYang Type II was measured by increasing of self efficacy for the sample were high category. The value of n-Gain for the 10thMIA 3 was medium category. The value of effect size for the sampel classified big category.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasan konsep pada materi struktur atom. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan SiMaYang Tipe II yang ditunjukkan melalui keterlaksanaan RPP, observasi guru, respon siswa dan aktivitas siswa berkategori tinggi. Keefektivan SiMaYang Tipe II yang ditunjukkan melalui peningkatan efikasi diri berkategori tinggi dan n-Gain X MIA 3 berkategori sedang. Effect size penguasaan konsep X MIA 3 berkategori besar.
Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, SiMaYang tipe II, struktur atom
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. 2008. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.
Bandura. 1997. Self Efficay The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.
Creswell, J.W. 1997 . Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches Second Edition. New Delhi: Sage Publications.
Fauzi S.,M.M. 2011. Pembelajaran Materi Kesetimbangan Kimia melalui Representasi Makroskopis dan Mikroskopis pada Siswa SMA Kelas XI IPA. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Kartika, D., & Hairida, E., 2010. Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kemamdirian Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidika dan Pembelajaran Universitas Ganesha.2, (4) 1-2.
Lestyanto, T. 2013. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa RSBI Kelas VIII SMP Negeri 3 Pati. Doctoral dissertation, (tidak diterbitkan). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga).
Laliyo, L.A.R. 2011. Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan Wujud Zat. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Universitas Gorontalo.8, (1), 1-12.
Nieveen, N. (1999). Prototype to reach product quality. Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.). Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.
Schwoerer, C. E., & May, D. R. (1996). Age and work outcomes: The moderating effects of self?efficacy and tool design effectiveness. Journal of Organizational Behavior, 17(5), 469-487.
Sofyandi dan Murniati. 2007. Microscopic Level Misconceptions on Topic Acid Base, Salt, Buffer, and Hydrolysis : A Case Study at a State Senior High School. Seminar Proceeding of The First International Seminar of Science Education., October 27th. UPI Bandung. hal 1-12.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito. .
Sukmawati, F. 2013. Hubungan antara Efikasi Diri dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SDN di Kelurahan Kaliuntu Singaraja. Jurnal Mimbar PGSD. 1 (1), 112.
Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar lampung: Aura.
Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Doktor, (tidak diterbitkan). Surabaya: Pasca-sarjana Universitas Negeri Surabaya.
Wicaksono, A. 2008. Efektivitas Pembelajaran. (Online), (http://agung.smkn1pml.sch.id/wordpress/?p=119), diakses 2 Desember 2016.
Widodo, A. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Struktur Atom. Skripsi. (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.