PENINGKATAN MINAT DAN PENGUASAAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh model pembelajaran yang afektif dalam meningkatkan minat dan penguasaan konsep asam-basa Arrhenius. Populasi dalam penelitian ini adalah selurush siswa kelas XI IPA SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 kelas control. Metode penelitan ni adalah kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata indeks gain minat untuk kelas control dan eksperimen masing-masing 0,34 dan 0,49; dan rerata indeks gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,33 dan 0,55. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan LC 5E lebih tinggi daripada pembelajaran kon-vensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan LC 5E lebih efektif dalam me-ningkatkan minat dan penguasaaan konsep siswa.
Kata kunci: Learning Cycle 5E (LC 5E), minat, penguasaan konsep
Full Text:
PDFReferences
Fajaroh, F. Dan I W. Dasna. 2007. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (learning cycle). Universitas Negeri Malang. Malang.
Purnajanti, L. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Termokimia Melalui Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Malang. Proseding Seminar Nasional LS IV: Universitas Negeri Malang. Malang.
Riyanto, C.A. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Kuantum Untuk Meningkatkan Minat & Penguasaan Konsep Koloid Siswa SMAN 8 Bandar Lampung. (Skripsi). FKIP Universitas Lampung. Bandar Lampung. Tidak diterbitkan.
Sardiman, A.M. 1994. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar.
Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2002. Metode Statistika.
PT. Tarsito. Bandung
Refbacks
- There are currently no refbacks.