ALAT PENENTUAN JENIS-JENIS SISTEM BERBASIS BARANG BEKAS

Feradita Anggraini, Noor Fadiawati, Lisa Tania, M Mahfudz Fauzi Syamsuri

Abstract


This apparatus to determine the system types based scrap material has been constructed through Reseacrh and Development design. Based on feasibility and functioning test, the apparatus has very high criteria in each components. Based on field testing, teachers and students also gave responses in very high criteria to the apparatus which has been constructed. This suggest that the apparatus was worthy to be used in the learning and experimenting processes.

Alat penentuan jenis-jenis sistem berbasis barang bekas telah dikembangkan dengan designResearch and Development. Berdasarkan uji kelayakan dan keberfungsian, alat penentuan memiliki kriteria tinggi pada setiap komponen. Berdasarkan uji coba lapangan awal, guru dan siswa juga memberikan tanggapan kriteria tinggi terhadap alat penentuan yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan kegiatan praktikum.

Kata kunci: alat praktikum, barang bekas, jenis-jenis sistem, sistem dan lingkungan.


Full Text:

PDF

References


Abrahams, I dan Millar, R.. 2008. Does Practical Work Really Work? A study of the effectiveness of practical work as a teaching and learning method in school science. International Journal of Science Education. 30: 1945-1969.

Arikunto, S. 2012. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Baeti, S. N., Binadja, A., dan Susilaningsih, E. 2014. Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi SETS untuk Mneingkatkan Keterampilan Laboratorium dan Penguasaan Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8 (1): 1260-1270.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 1 alih bahasa Departemen Kimia, ITB. Erlangga: Jakarta.

Darsana, I. W., Sadia, I. W., dan Tika, I. N. 2014. Analisis Standar Kebutuhan Laboratorium Kimia Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada SMA Negeri Di Kabupaten Bangli. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesh. 4.

Hart, C., Mulhall, P., A. Berry, Loughran, J., dan Gunstone, R. 2000. What is the Purpose of this Experiment? Or Can Students Learn Something from Doing Experiments?. J. Research in Science Teaching. 37 (7): 655-675.

Hayat, M. S., Anggraeni,S., dan Redjeki, S. 2011. Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma. 2 (2): 141-153.

Hofstein, A.dan Lunetta, V. N. 2004. The Laboratory in Science Education: Foundations for the Twenty-First Century. J. Chemestry Education Research and Practice. 88 (1): 28-54.

Hofstein, A.danNaaman, R. M. 2007 The laboratory in science education: the state of the art. J. Chemestry Education Research and Practice. 8 (2): 105-107.

Hofstein, A., Navon, O. Kipnis, M.dan Naaman, R. M. 2004. Developing StudentsAbility to Ask More and Better Question Resulting frm Inquiry-Type Chemistry Laboratories. Journal of research in science teaching. 42 (7): 28-54.

Koray, O dan Koksal, M. S. 2009.The effect of Creative and critical thinking based laboratory applications on creative and logical thinking abillities of prospective teachers. Asia Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 10.

Nuha, D. F.dan Haryono, Mulyani, B. 2015. Kontribusi Laboratorium Terhdapa Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(1) : 82-88.

Peniati, E., Parmin,danPurwantoyo, E. 2013. Model Analisis Evaluasi Diri untuk Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Calon Guru IPA dalam Merancang Pengembangan Laboratorium di Sekolah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(2): 107-119.

Purwandari, R. S. 2015. Physics Laboratory Investigation of Vocational High School Field Stone and Concrete Construction Techniques in the Central Java Province (Indonesia). Journal of Education and Practice. 11 (6): 85-93.

Rahmiyati, S. 2008. Keefektifan Pemanfaatan Laboratorium di Madrasah Aliyah Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, (1) : 88-100.

Siarni, Pasaribu, M. Dan Rede, A. 2014. Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 07 Salule Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadukolo Online. 3 (2): 94-104.

Subamia, I. D. P.,Wahyuni,I. G. A. N. S., dan Widiasih, N. N. 2014. Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berorientasi Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 47 (1): 684-696.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumintono, B., M. A. Ibrahim, dan F. A. Phang, . 2010. Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru-guru Sains SMPN di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA, 15 (2): 120-127.

Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sundari, R. 2008. An Evaluation On The Use of Laboratory in Teaching Biology in Public Madasah Aliyahs in Sleman Regency. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2 :196-212.

Susilaningsih, E., 2012. Model Evaluasi Praktikum Kimia di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan. 16 (1)

Syukri, S. 1999. Kimia Dasar 1. Bandung: ITB.

Tim Penyusun. 2011. Pedoman Pembuatan Alat Peraga Kimia Sederhana Untuk SMA.Kementrian Negeri Jakarta.

Widiyatmoko, Adan Pamelasari, S D. 2012. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Alat Peraga IPA Dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1): 51-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.