Efektivitas e-book Interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep

Dwi Juwita Sari, Noor Fadiawati, Lisa Tania

Abstract


This study was aimed to describe the effectiveness of interactive e-book on acid-base topic based on chemical representation to improving students' conceptual understanding. The research design used was the matching only pretest and postest control group design. The population in this research weres all students in grade XI IPA SMA Melinting, Lampung Timur. The sample of the research were the students of class XI IPA I and XI IPA 2. The instruments that used were experiments class syllabus, experiments class RPP, pretest and postest equestions. Data analysed by using t-test. The results showed that posttest score of students conceptual understanding in experiment class was higher than control class and mean of n-gains category in experiment class was in high category. The conclusion of this research was learning using interactive e-book based on chemical representation was effective to improve students' conceptual understanding.


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas e-book interaktif berbasis representasi kimia pada materi asam basa dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only pretest and postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Melinting, Lampung Timur. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA I dan XI IPA 2. Instrumen yang digunakan adalah silabus kelas eksperimen, RPP kelas eksperimen, soal pretes dan postes. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai postes pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai postes pemahaman konsep siswa di kelas kontrol dan rata-rata n-gain yang berkategori tinggi di kelas eksperimen. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan e-book interaktif berbasis representasi kimia efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa.

Kata kunci: asam basa, e-book, pemahaman konsep siswa


Full Text:

PDF

References


Arsyad. A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja

Ainsworth, S. 2006. DeFT: A conceptual framework for considering learning with multiple representations, Leaning and instruction. Journal Learning and Instruction, 16 (3): 183-198.

Chittleborough, G. D., dan Treagust, D. F. 2008. The modeling ability of non major chemistry students and their understandding of the submicroscopic level. Chemistry Education Research and Practice, 8 (3): 274-292.

Darsono. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP semarang Press.

Fauziah, N. 2009. Kimia untuk SMA dan MA Kelas XI IPA. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Fraenkel, J. R., dan Wallen, E. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eight Edition) Mc Grow Hill. New York.

Gabel, D. 1999. Improving Teaching and Learning through Chemis-try Education Research: A Look to the Future. Journal of Chemical Education, 76 (4): 548-551.

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/Gain Score. American Educational Research Methodology.

Heuvelen, A. V., dan Zou, X. 2001. Multiple representations of workenergy processes. Americans Journal of Physics, 69 (2): 184-194.

Indrayani, P. 2013. Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendeka-tan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (1): 109-120.

Fani, T. I. Noor, F. dan Lisa, T. 2016. Pengembangan e-book interaktif Elektrokimia Berbasis Kehidupan Sehari-hari. Skripsi, Lampung: UNILA Bandar Lampung.

Johnston, A. H. 1982. Macro and Micro Chemistry. School Science Review ; 227 (64):377-379.

Junaedi, M., dan Khauruddin. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pilar Media.

Khaerudin dan Mahfud. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Ktsp dan Implementasi di Madarasah. Yogyakarta: Nusa Aksara.

Koentjaraningrat. 1986. Manajemen Penelitian. Jakarta: Aksara Baru.

Lasry, N., dan Aulls, M.W. 2007. The effect of multiple internal representation on context-rich in struction. Americans Journal of Physics, 75 (11): 1030-1037.

Masum. A. 2012. Efektivitas Media Animasi 3D pada Materi Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi FIP UPI: Bandung.

Matlin. 2003. Cognition. New York: Mc Graw Hill. Fifth Edition.

Mayer, R.E. 2003. The promise of multimedia learning: Using the same instructional design methods accros different media, learning and instruction, Journal Learning and Instruc-tion,13 (1): 125-139

Munadi, Y. 2008. Mata Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: CV. Alfabeta.

Munadi, Y. 2010. Media Pembelajaran :suatu pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) press.

Munir, A. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh: Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta.

Nasution, S.B. 2000. Kemampuan Siswa dalam Memahami Grafik tentang Konsep Kinematika Gerak Lurus. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs UPI.

Nurdiansyah, E. 2012. Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Komputer Model Drills Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK. Skripsi. FIP UPI: Bandung.

Nuraini, D. Noor. F., dan Lisa, T. 2015. Pengembangan e-book interaktif Asam Basa Berbasis Representasi Kimia. Jurnal Penelitian Pendidikan, 4 (2): 517-529.

Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Purwanto, M. 2010. Pengaruh Penggunaan Media CD Ineraktif Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Skripsi. FIP UPI: Bandung.

Purba, M. 2004. Kimia Untuk SMA Kela XI. Jakarta : Erlangga.

Pusparini, H. L. P. 2009. Pengembangan Program Pembelajaran Kimia Struktur Atom Interaktif Berbasis Komputer. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Roslina.1997. Proses Berpikir Logis dan Penguasaan Konsep melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Cotextual Teaching and Learning. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPs UPI.

Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, W. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Cetakan II. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. A. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Z. F. 2013. Pemahaman Konsep Asam Basa Brosted-Lowry Peserta Didik Kelas XI MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Program Study Pendidikan Kimia Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga: Yogyakarta.

Sirhan, G. 2007. Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science education, 4, (2), 2-40.

Suhandi, A.dan Wibowo, F. C. 2012. Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Penelitian. MIPA-FP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunarya, Y. dan Agus, S. 2009. Mudah dan aktif Belajar Kimia. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Tasker, R. dan Dalton, R. 2006. Research Into Practice: Visualization of The Molecular World Using Animations. Chemistry Education Research and Practice, 7. 141-159.

Treagust, D. F dan Gilbert, J. K. 2008. Representations in Chemical Education Models and Modeling in Science Education. Dordrechi: Spinger, pp. 251-283.

Treagust, D. F. Chittleborough dan Mamiala. 2003. The Role Of Submicroscopic And Symbolic Representations In Chemical Explanations. Int. J. Sci. Educ.,25 (11): 13531368.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Wahyuni, E. N dan Baharudin, H. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Widodo, C dan Jasmadi. 2008. Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Wu, K.H, Krajcik J.S, dan Soloway, E . 2001 . Promoting Conceptual Understanding of Chemical Representations Students Use of Visualization Tool in the Classroom . Journal of Research in Science Teaching. 38 (7): 821-842.

Zacharia, Z. dan Anderson, O.R. 2003. The effect of an interactive computer-based simulation prior to performing a laboratory inquiry based experiment on students conceptual understanding of physics. Americans Journal of Physics, 71 (6): 618-629.

Zidny, R. 2013. Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMA Kelas X Pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri Melalui Penggunaan diagram Submikroskopik serta Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1 (1): 27-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.