PENINGKATAN KETERAMPILAN PREDIKSI DAN INFERENSI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan inferensi pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit serta redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa MAN 1 Bandar Lampung kelas X6 dan kelas X7 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan prediksi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,48 dan 0,57; dan nilai rerata N-gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,47 dan 0,57. Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa kelas dengan menggunakan model pembelajaran problem solving memiliki keterampilan prediksi dan inferensi yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan prediksi dan inferensi pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit serta redoks.
Kata kunci : keterampilan inferensi, keterampilan prediksi, model pembelajaran problem solving
Full Text:
PDFReferences
Basori, H. 2011. Model Kegiatan Laboratorium Berbasis Problem Solving pada Pembelajaran Konsep Cahaya untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA Volum 5 Nomor 3. UPI. Bandung.
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Kurikulum 2004. Direktorat Pendidikan Menengah Umum.
Panen, P., D. Mustafa, dan M. Sekarwinahyu. 2001. Konstruktivisme dalam
Pembelajaran. Dikti. Jakarta.
Purwani, E. dan Martini. 2009. Peningkatan Keyerampilan Berpikir Siswa Kelas X-3 Pada Materi Konsep Mol Melalui Strategi Problem Solving (Prosiding). Unesa University Press. Surabaya.
Ramadan, S. 2011. Teori Konstruktivisme. [online] http://blog-jelek-m4a1. blogspot.com/2011/11/. Diakses pukul 04.40pm tanggal 23 Februari 2012.
Sari, F. Z. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Mengkomunikasikan dan Inferensi Siswa pada Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis. Skripsi. FKIP Unila. Bandar Lampung.
Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. PT. Tarsito. Bandung.
Utari, H.R. 2012. Efektivitas Model Problem Solving Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Penguasaan Konsep Pada Materi Larutan Nonelektrolit dan Elektrolit Serta Redoks. Skripsi. FKIP Unila. Bandar Lampung
Refbacks
- There are currently no refbacks.