Pengembangan Modul Kimia Berbasis Problem Solving Pada Materi Asam Basa Arrhenius

Haritsah Ulya, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the validity and practicality of problem solving module development on Arrhenius acid base topic. This research was conducted at SMAN 12 Bandarlampung 2016/2017 in class XI IPA 3 with used to research and development design (R&D) method. Validator gave valid judgment to content suitability, construction, and readability aspects of the module which has been developed with the percentage of each in a very high category. The teacher gave responses to content suitability, construction, and readability aspects in very high criteria. In addition, students responses to aspects of readability and attractiveness also very high criteria and a positive responses from students. Based on these results, the development result module has high validity and practicality.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan pengembangan modul berbasis problem solving pada materi asam basa Arrhenius. Penelitian ini dilakukan di SMAN 12 Bandarlampung 2016/2017 dikelas XI IPA 3 dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Hasil penilaian yang diberikan validator terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan dari modul hasil pengembangan sudah valid dengan persentase dari masing-masing aspek berkategori tinggi. Hasil tanggapan yang diberikan guru terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan berkriteria sangat tinggi. Di samping itu, tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan juga memiliki kriteria sangat tinggi serta mendapatkan respon postif dari siswa. Berdasarkan hasil tersebut, modul hasil pengembangan memiliki validitas dan kepraktisan yang tinggi.

Kata kunci: asam basa Arrhenius, modul, problem solving.


Full Text:

PDF

References


Achmaliya, N., Rosilawati. I., dan Kadaritna, N. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Teori Tumbukan. Jurnal. Pendidikan dan pembelajaran Kimia. 5(1): 114-127

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Taktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashadi, 2009. Kesulitan Belajar Kimia Bagi Siswa Menengah Atas. (online), (https://library.uns.ac.id/kesulitan-belajar-kimia-bagi-siswa-sekolah menengah/), diakses 31 Agustus 2017.

Astuti, F. S., dan Mulyati, S. 2013. Pengembangan LKS Untuk Pembeljaran Yang Menggunakan Model Group Investigation Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Universitas Negeri Malang, 1-6.

Bunterm, T., Wattanathorn, J., Vangpoomyai, P. dan Muchimapura, S. 2012. Impact of Open Inquiry in Science Education on Working Memory, Saliva Cortisol and Problem Solving Skill. Original Research Article, Procedia Social and Behavioral Science, 46(2): 5387-5391.

Caprioara, D. 2015. Problem Solving Purposea Means of Learning Mathematics in School. Romania Journal of Social and Behavioral Science University of Ovidius Constanta, 191: 1859-1864.

Celikler, D. 2010. The effect of worksheets Developed For The Subject Of Chemical Compounds On Student Achievement And Permanent Learning. International Journal Of Educology, (1): 42-51.

Choiriawati, F. D. 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Asam-Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Mengkomunikasikan. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Diniarti, S. H., dan Ismono. 2013. Development Of Student Worksheet With Multiple Representations Oriented By Openended Problem Solving In Chemical Equilibrium Matter. Universitas Negeri Semarang Journal Of Chemical Education, 2(2): 2016-2028.

Fathi, N. M. dan Novita, D. 2014. Development Of Chemistry Worksheet With Problem Solving Orientation In Stoichiometry Matter Of X Grade. Universitas Negeri Semarang Journal Of Chemical Education, 3 (1): 1007-1012.

Fauziah, R, Abdullah, A. G. dan Hakim, D. L. 2013. Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Innovation of Vocational Technology Education, 9(2): 165-178.

Hardianto, D. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Jurnal UNY Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Khusus, 3(2): 7-9.

Kartika, M. W., dan Nasrudin, H. 2012. The Development Of Chemistry Worksheet Oriented By Problem Solving In The Reaction Rate Topic For XI Grade Of Pioneering International SHS. UNESA Journal Of Chemical Education. 1(1): 166-178.

Khotim, H. N., Nurhayati, S., dan Hadisaputro, S. 2015. Pengembangan Modul Kimia Berbasis Masalah Pada Materi asam Basa. Semarang : Journal Uness. 1-12.

Marsita, R. A., Priatmoko, S., dan Kusuma, E. 2010. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 4(1): 512-520

Novratilova, D., Kadaritna, N., dan Tania, L. 2015. Efektifitas Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Me- nyimpulkan pada Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (1): 782-794.

Nurmaulana, F. 2011. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA pada Pembelajaran Pencemaran Tanah dengan Model Creative Problem Solving. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ozmen, H., dan Yildirim, N. 2005. Effect Of Work Sheets On Students Success: Acids And Bases Sample. Journal Of Educology, 2(2): 64-67.

Pramesti, E. T., Rudibyani, R. B., Sofia, E. 2017. Pengembangan LKS Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Problem Solving. Journal. Pendidikan dan Pembelajaran. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila, 6(1): 86-100.

Prasetyo, W. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dengan Pendekatan PMR Pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMPN 2 Kepoh baru Bojonegoro. Mathedunesa Journal, 1(1): 1-8.

Putri, N. R., 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Asam Basa dengan Strategi Kontekstual Berbantuan Modul. Chemistry in Education, III(2): 200-207.

Ranti, M. G. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bilingual Untuk SMA Kelas X. Jurnal STKIP Banjarmasin PGRI, 9(1): 1-12.

Ristiyani, E., dan Bahriah, E. S. 2016. Analisis kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. UIN Syarif Hidayatullah. 2(1) : 18-29.

Rusda, Q., dan Utiya, A. 2012. Implementation of Problem Solving Model to Train Students Creative Thingking Skill. Unesa. Jurnal of Chemical Education. FMIPA Unesa, 1(2): 40-45.

Sholeh, M. dan Suliyanah. 2012. Pengembangan LKS Berorientasi Problem Solving Pada Materi Kalor di MAN 2 Bojonegoro. Universitas Negeri Surabaya Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1): 62-74.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito : Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Wahyuni, D.E., Rosilawati, I. dan Efkar, T. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving pada Materi Larutan Elektrolit dan Non elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Memprediksi. Journal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila, 2(2): 1-14.

Weerawardhana, Anula, Ferry B. dan Christine B. 2006. Use of visualization software to support understanding of chemical equilibrium: the importance of appropriate teaching strategies. Proceedings of The 23rd Annual Ascilite Conference. The University of Sydney, 1-10.

Yusnita, N., Rosilawati, I., dan Tania, L. 2014. Efektivitas Problem Solving Pada Materi Asam Basa Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Luwes. Journal. Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila, 3(2): 1-15.

Zulkifli, M. I. Rudibyani, R. B., dan Efkar, T. 2017. Penerapan Model Problem Solving dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Asam Basa Arrhenius. Journal. Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unila, 7(1): 50-62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.