Pengembangan LKS Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Sistem Koloid

Roza Citra Pratiwi, Ila Rosilawati, Nina Kadaritna

Abstract


The aims of this Research was to developing students worksheet. This research used Borg and Gall method of research and development with only focused on the first five stages. The data analysis used was descriptive statistics. The subjects in this research were teachers and students from SMA Muhammadiyah 1 and 2 Kota Metro. The students worksheet was developed based on discovery learning with expert validation result to aspects of content suitability, construction and readable, gained each percentage were 100%, 100%, and 91,67% which can be said valid. The percentage of teachers response to aspects of content suitability, construction and readable, gained each percentage were 100%, 100% and 97,92%, and percentage of studentss response to readable and interest aspect were 98,75% and 95% with high criteria. The obstacles in this research was time limiting given by school during first field research.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Borg dan Gall yang hanya dilakukan sampai 5 tahap pertama. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa dari SMA Muhammadiyah 1 dan 2 Kota Metro. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. LKS yang dikembangkan berbasis discovery learning dengan hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan diperoleh persentase masing-masing sebesar 100%, 100% dan 91,67% sehingga dinyatakan valid. Persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi dan keterbacaan masing-masing sebesar 100%, 100% dan 97,92% dan persentase tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan masing-masing sebesar 98,75% dan 95% dengan kriteria sangat tinggi. Kendala dalam penelitian ini adalah keterbatasan waktu yang diberikan sekolah saat melakukan uji coba lapangan awal.

Kata kunci: discovery learning, koloid, LKS


Full Text:

PDF

References


Afriansi, A., Enggar, & Nasruddin, H. Pengembangan LKS Berbasis Representasi Level Submikroskopik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo. Jurnal Elektronik UNESA.Vol 3 No 2.

Afriyanti, H. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Koloid. Thesis Tidak Diterbitkan. Bandung: UPI.

Annisa, D. A., Rosilawati, I., & Kadaritna, N. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning pada Materi Teori Tumbukan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol 5 No 1..

Balim, A. G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research. 35, 1-20.

Baran, E., Chuang. H., & Thompson, A. 2011. Tpack: An Emerging Research And Development Tool For Teacher Educators. Journal of Educational Technology. 10 (4) : 370-375.

Borthick, A. F. & Jones, D. R. 2000. The Motivation of Collaborative Discovery Learning Online and Its Application in an Information Systems Assurance Course. Issues in Accounting Education, 2(15):180-210.

Celikler, D. 2010. The Effect of Worksheets Developed for the Subject of Chemical Compounds on Student Achievement and Permanent Learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 1(1):42-51.

Chang, M. & Gilbert, J. K. 2009. Towards a Better Utilization of Diagram in Researc Into the Us of Representative Levels in Chemical Education. Model and Modeling in Science Education., Multiple Representations in Chemical Educations. Springer Science Business Media B. V. 55-73.

Chong, J. T., Penelope, R. J., & Phillips, M. G. 2015. An Overview Of Fiduciary Standards And Suitability For Financial Planning Students. American Journal Of Business Education Second Quarter. 8 (2): 107-108.

Djamarah & Aswan, Z. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Tentang Struktur Atom dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. Disertasi tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Inayati, S. 2003. Studi Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa yang Diberi Tugas Rumah dan LKS Dengan Siswa yang Diberi Tugas Rumah Dari Buku Paket pada Siswa Kelas II Semeste 1 SMU Negeri Grobogan (2002/2003). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: UNES.

Mahmoud, A. K. A. 2014. The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to First Year General Secondary Student on Developing Their Achievement an Metacognitive Skills. International Journal of Innovation and Scientific Research, 5(2): 146-153.

Muktiawan, A. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Koloid. Thesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI.

Nurisalfah, R., Kadaritna, N., & Tania, L. 2015. Pengembangan LKS Menggunakan Model Discovery Leraning pada Materi Teori Atom Mekanika Kuantum. Jurnal Pendidikan dan Pembelajran Kimia. Vol 4 No1.

Prastowo, A. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVAPress.

Rezki, O. N., Kadaritna, N., & Rudibyani, R. B. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol 5 No 2.

Sannah, I. N., Kadaritna, N., & Tania, L. 2015. Pengembangan LKS dengan Model Discovery Learning pada Materi Teori Atom Bohr. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol 4 No 1.

Siddiq, M. D., Isniatun, M., & Sungkono. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Ditjen Dikti Diknas.

Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidian. Bandung: PT Remaja Rosda karya.

Suyanto, S., Paidi, & Wilujeng, I. 2011. Lembar Kerja Siswa. (online), http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lainlain/drinsihwilujengmpd/LEMBAR%20KERJA%20SISWA.docx. Diakses pada pukul 07.05 WIB tanggal 11 Desember 2016.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No.59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Yildirim, N., Kurt, S., & Ayas, A. 2011. The Effect Of The Worksheets On Students Achievement In Chemical Equilibrium. Journal of Turkish Science Education. 3(8):44-58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.