Penerapan Model Problem Solving dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Materi Asam Basa Arrhenius

Muhammad Iqbal Zulkifli, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the practicality, effectiveness, and effect size of problem solving model to improve the ability of the students concept mastery of Arrhenius acid-base topics. This research used poor experimental method with one group pretest-posttest design. Students of SMAN 12 Bandarlampung for 2016/2017 academic years at XI IPA 1 class was used as sample which it was obtained by using cluster random sampling. Practicality was determined by implementation of problem solving model and student response. Effectivity was determined by teachers ability, student activity, and improvement of studentsconcept mastery using t test and effect size test. The result showed that the problem solving model was practical, effective, and big effect size to improve the ability of the students concept mastery of Arrhenius acid-base topics.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan dan ukuran pengaruh model problem solving dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa Arrhenius. Penelitian ini menggunakan metode poor experimental dengan one group pretest-posttest design. Siswa SMAN 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 di kelas XI IPA 1 digunakan sebagai sampel yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling. Kepraktisan ditentukan dari keterlaksanaan model problem solving dan respon siswa. Keefektivan ditentukan dari kemampuan guru, aktivitas siswa, dan peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan uji t dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem solving praktis, efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa Arrhenius.

Kata kunci: asam basa Arrhenius, penguasaan konsep, problem solving


Full Text:

PDF

References


Afdila, D., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan SiMayang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Jurnal pendidikan dan pembelajaran kimia. 4(1): 248-261.

Anwar, K., Sunyono, dan Kadaritna, N. 2016. Pembelajaran Model SiMayang Tipe II untuk Meningkatkan Model Mental dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran kimia. 4(3): 795-806

Arisanti, W.O.L., Sopandi, W. & Widodo, A. 2016. Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar. 3(1): 82-95. Available: http://www.physics.indiana.edu/hake diakses 10 Maret 2017.

Astuti, R. P., Rosilawati, I., dan Rudibyani, R. B. 2013. Analisis Keterampilan Mengelompokkan dan Inferensi pada Materi Koloid Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 2(3): 1-12

Caprioara, D. 2015. Problem Solving Purpose a Means of Learning Mathematics in School . Romania Journal of Social and Behavioral Science University of Ovidius Constanta, 191: 1859-1864.

Dienna, A. N., Rudibyani, R. B., dan Efkar, T. 2015. Penerapan Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lancar Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(3): 1111-1124.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-118.

Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka cipta.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education 8th edition. Mc Grow-Hill, A Business Unit Of The Mc Grow-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue Of The Americas, New York, NY 10020.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Tersedia pada :http:// www.physics.indiana.edu/ ~hake/PERC2002h-Hake.pdf. [23th November 2016]

Hananto, R. A., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Lembar Kerja Siswa Konsep Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit dengan Model SiMayang Tipe II. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran kimia. 4(1): 131-142.

Hasanah, U., Martini, K. S. & Saputro, A.N.C. 2015. Penerapan Metode Problem Solving Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Poko Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Al Islam 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia. 4(1): 68-73

Husin, A. U., Rudibyani, R. B., dan Tania, L. 2014. Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Evaluatif Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 3(2): 1-15.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.

Novatilova, D., Kadaritna, N., dan Tania, L. 2015. Fektivitas Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Menyimpulkan Pada Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(3): 782-794.

Purnomo, A. E., Rosilawati, I., dan Efkar, T. 2015. Efektivitas Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lancar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(1): 1-12

Putri, D. E. N., Rudibyani, R. B., dan Efkar, T. 2015. Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Inferensi dan Mengkomunikasikan Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(3): 1060-1072.

Rahmini, A., Winarti, A., & Leny. 2015. Pengaruh Model Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Bepikir Kritis dan Kecerdasan Logis Matematika Siswa pada Pembelajaran Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMAN 2 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 6(1): 8-16

Ristiasari, T. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education. 1 (3): 34-41

Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving dengan Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Journal of Biology Education. Universitas Negeri Semarang. Semarang. 1 (3), 34-41.

Ristiyani, E., dan Bahriar, E. S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2(1): 18-29.

Rusmiati, A. dan Yulianto, A. 2009. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Model Problem Based-Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(5): 75-78.

Saputra, R., Diawati, C., Rudibyani, R. B., dan Efkar, T. 2013. Peningkatan Keterampilan Bertanya dan Menjawab Pertanyaan Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 2(2): 1-15.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Suja, I. W. 2014. Penggunaan Analogi dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3(2): 397-410.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi dalam Menumbuhkan Model Mental dan Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III, PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Wahyudin, Sutikno, dan Isa, A. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6 (1): 58-62.

Wang, C. Y. 2014. Scaffolding Middle School Students Constructions of Scientific Explanation: Comparing a Cognitive Versus a Metacognitive Evaluation Approach. International of Science Education. 37(2): 237-271

Widiyowati, I. I. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur dengan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(4): 99-116.

Yustina, S., Irhasyuarna, Y., & Kusasi, M. 2015. Penerapan Metode Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA N 4 Banjarmasin. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 6 (2): 108-117.

Zidny, R., Sopandi, W., dan Kusrijadi, A. 2013. Analisis Pe-mahaman Konsep Siswa SMA Kelas X Pada Materi Persamaan Kimia dan Stoikiometri Melalui Penggunaan Diagram Submikroskopik serta Hubungannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1): 27-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.