Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Mengelompokkan dan Mengajukan Pertanyaan

Khairun Nisa Rakhmasari, Nina Kadaritna, Sunyono Sunyono

Abstract


This study aimed to describe the effects of guided inquiry based student worksheetin increasing classifying and questioning skills.This research used quasi experiment with non equivalence pretest-postest control group design. Population in this study was all students of X MIPA SMA YP UNILA Bandarlampung. The samples were X MIPA 8 as an experiment class and class X MIPA 2 as a control class which was obtained by purposive sampling. The result showed that n-gain average for increasing classifying skill in experiment class was higher (0.70) than control class (0.23),that n-gain average for increasing questioning skill in experiment class was higher (0.70) than control class (0.26). It confirmed that the guided inquiry based student worksheet is effective to improve students classifying and questioning skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatkan keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalence pretest-postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X MIPA SMA YP UNILA Bandarlampung. Sampelnya adalah X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diperoleh secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain untuk peningkatan keterampilan mengelompokkan dari kelas eksperimen lebih tinggi (0,70) dibandingkan kelas kontrol (0,23), rata-rata n-gain untuk peningkatan keterampilan mengajukan pertanyaan dari kelas eksperimen lebih tinggi (0,70) dibandingkan kontrol Kelas (0,26). Itu mengkonfirmasikan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan mengelompokkan dan mengajukan pertanyaan.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, keterampilan mengajukan pertanyaan, LKS


Full Text:

PDF

References


Anitah, S.2007. Strategi Pembelajaran Kimia. Universitas Terbuka. Jakarta.

Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Bina Aksara. Jakarta.

Azeem, M. & Shakoor, A. 2011. Physics Teaching Methods: Scientific Inquiry Vs Traditional Lecture. International Journal of Humanities and Social Science, 1(19), 269-276.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Choo, S.S.Y., Rotgans, J.I., Yew, F.H.J. & Schmidt, H.G. 2011. Effect of Worksheet Scaffods on Student Learning in Problem Based Learning .Jurnal Adv in Health Sci Educ of Singapure, 16: 517-52.

Creswell, J. W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publication. United States of America.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1), 99-118.

Ergul, R., Y.Simsekli, Calis S., Ozdil Z., Gocmencelebi S., dan Sanli M. 2011. The Effects of In-quiry-Based Science Teaching on Elementary School Students Science Process Skills and Science Attitudes. Bulgarian Jurnal of Science and Education Policy (BJSEP). 5(1), 48-68.

Feriyadi, E., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. 2015. Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Bioterdidik, 3(9).

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Grses, A., etinkaya, S., Do?ar, .,& ?ahin, E. 2015. Determination of Levels of Use of Basic Process Skills of High School Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 644-650.

Hake R & Richard. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. Dept.Of Physics, Indiana University.

Hanson, D. M. 2009. Process Oriented Guided Inquiry Learning. Journal of Prentice Hall Series in Educational Innovation. Chapter 7: 91-101.

Jahjouh, Y.M.A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16

Lestari, A &Azizah. 2012. Development of Science Chemistry Student Worksheet Oriented Somatic, Auditory, Visual, And Intellectual (SAVI) in The Topic Matter Changes For junior High School. Unesa Journal of Chemical Education. 1(1): 41-46.

Lestari, F., Achmad, A., & Marpaung, R. R. T. 2015. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Bioterdidik, 3(8).

Rahayu, P. 2013. Pengembangan Worksheet dengan Pendekatan Guided Inquiry Pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor Untuk Mengoptimalkan Domain Proses Sains Siswa Kelas X Sma N 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi Pendidikan Fisika, 3(1), 78-82.

Ratumanan, T. G. 2003. Pengaruh model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika siswa SLTP di Kota Ambon. Jurnal pendidikan dasar, 5(1), 1-10.

Rustaman, Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetakan 1.Universitas Negeri Malang. Malang.

Saputri, D. 2015. Efektifitas pendekatan saintifik pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit dalam meningkatkan keterampilan menganalisis argument. Skripsi. Universitas Lampung. Lampung.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Penerbit: JICA Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sujiono, K. E. H.2005. Pembelajaran SAINS (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Badan penerbit UNM. Makassar.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Kimia Dasar Mahasiwa. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Rineka Cipata. Jakarta.

Wardani, A. Widodo.T., & PriyaniN. E. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem Based Instruction. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(1). 391-399.

Wulaningsih, Fitri, Sulistyo, S.,& Sri, M. 2014. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Untuk SMA/MA. Jurnal Paedagogia. Vol.17 (1), 94-103.

Zawadzki, R. 2009. Is Process-Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) suitable as teaching Method in Thailands Higher Education?. Asian Journal on Education and Learning. ISSN. Vol 1(2): 66-74.

Zehra & Nermin. 2009. The Effect of a Guided Inquiry Method on Preservice Teachers Science Teaching Self-Efficacy Beliefs. Journal of Turkish Science Education. Vol 6(2): 24.

Zeidan, A. H., & Jayosi, M. R. 2015. Science process skills and attitudes toward science among palestinian secondary school students. World journal of Education, 5(1), 13.

Zubaidah, S, S. Mahanal, L. Yuliati & D. Sigit. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VIII. Kemendikbud. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.