Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Motivasi Belajar

Tika Ria Armalasari, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


The research was almed to describe the effect of scaffolding strategy in SiMaYang learning to improve the chemical literacy skill and to improve the learning motivation on acid base topic. The research used Pretest-Posttest Control Group Design method in SMAN 6 Metro using Cluster Random Sampling. The result showed that there were 84% improvement of chemical literacy and 76% improvement of students learning motivation in experimental class, influenced by scaffolding and 74% improvement of literacys and 57% improvement of students chemistry learning motivation in control class, influenced by learning without scaffolding. From the results above, it can be concluded that, in the experimental class, scaffolding in SiMaYang learning has big influence in improving the chemical literacy and learning motivation, mean while in the control class, the learning without scaffolding has moderate influence in improving the chemical literacy and learning motivation.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar pada materi asam basa. Metode penelitian ini adalah Pretest-posttest Control Group Design di SMAN 6 Metro dengan Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya 84% peningkatan literasi kimia dan 76% peningkatan motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh scaffolding dan 74% peningkatan literasi dan 57% peningkatan motivasi belajar kimia siswa pada kelas kontrol dipengaruhi oleh pembelajaran tanpa scaffolding. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan literasi kimia dan motivasi belajar, sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran tanpa scaffolding memiliki pengaruh sedang dalam meningkatkan literasi kimia dan motivasi belajar.

Kata kunci : effect size, literasi kimia, motivasi belajar, scaffolding, SiMaYang


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Pene-litian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.

Astuti, D. P., Rasmiwetti, & Abdullah. 2016. Penerapan Strategi Scaffolding Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Koloid di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Perhentian Raja. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 3(1).

Balim, A. G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, 10(35): 1-20.

Burns, A. & Joyce, HdS. 2005. Teachers voice 8 : Explicity Supporting Reading and Writing in the Classroom. Australia: Macquarie Univercity.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education. 12(1): 99-118.

Halimah, S. N., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2016. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(1): 1-13.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Khan, M. Q., & Slate, J. R., 2015. Differences Over Time in Hispanic Students Taking and Passing the State Teacher Exam. Journal of New Horizons in Education. 5(2): 6-13.

Kusuma, M. D., Rosidin, U., & Viyanti. 2013. Pengaruh Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Melalui Strategi Scaffolding-Kooperatif. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2).

Laliyo, L. A. R. 2011. Model Mental Siswa dalam Memahami Perubahan Wujud zat. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. 8(1): 1-12.

Mustaqim. 2013. Proses Scaffolding Berdasarkan Diagnosis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear dengan Menggunakan Mapping Mathematic. Jurnal Pendidikan Sains. 1(1), 72-78.

Nurmala, V., Sunyono, & Tania, L. 2016. Pembelajaran SiMaYang Tipe II untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Berpikir Kritris. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(2): 1-12.

Odja, A. H., & Payu, C. S. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. 40-47.

OECD & UNESCO. 2003. Literacy Skills for the World Tomorrow Further from PISA 2000. OECD Publishing (Online). Tersedia di http://www.oecd.org/edu/school/2999581.pdf. diakses 15 November 2016.

Prakasa, M., & Aznam, N. 2016. Pengembangan SSP Kimia Berbasis Pendidikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Kesadaran Terhadap Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2): 46-57.

Reliyana, R., Rudibyani, R. B., & Efkar, T. 2014. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia. 3(2): 1-14.

Safitri, L. A., Rosidin, U., & Ertikanto, C. 2014. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi dengan Hasil Belajar Melalui Model PBL. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3).

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: CV Rajawali.

Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. 2010. Motivation in Education: Theory, Research and Applications (3nd ed). Englewood Cliffs, NJ: Merrill Company.

Soleha, I. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran SiMaYang Tipe II dengan Problem Solving dalam Meningkatkan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep Lrutan Elektrolit dan Non-elektrolit. Skripsi. FKIP. Universitas Lampung.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono. 2013. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Press.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Mahasiswa Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. tidak dipublikasikan.

Sunyono. 2015a. Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase Dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinasi, Internalisasi, dan Evaluasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015b. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Stucture Concepts. Journal Science Education International. 26(2): 104-125.

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015c. Mental Models of Students on Stoichiometry Concept in Learning by Method Based on Multiple Representation. Journal of New Horizons in Education. 5(2): 30-45.

Susilo. 2012. Pengembangan Model Pembelajran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Journal of Primary Educational, 1(1): 57-63.

Sutarmi, N. W., Suharsono, N., & Warpala, I. W. 2013. Pengaruh Pembelajaran Scaffolding Terhadap Keterampilan Menulis Teks Recount Berbahasa Inggris dan Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Manggis (Vol. 3).

Tim Penyusun. 2006. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Surabaya: Bumi Aksara.

Utami, N. R. S. 2016. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Efikasi Diri dengan Model Mental Siswa dalam Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit Menggunakan Model SiMaYang. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.