PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN PADA MATERI SIFAT LARUTAN

Harist Ariffiansyah, Nina Kadaritna, Noor Fadiawati

Abstract


Assessment instrument based on religious content and environment awareness on solution characteristic topic was developed by using Borg and Galls R&D method. This research was done until the revision step after preliminary field testing which it was conducted at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Teacher gave very good respons to construction aspect (84.44%) and good respons to contents suitability aspect (78.57%) and language utilizing aspect (70.00%). In other hand, students gave very good responses to language utilizing aspect (82.00%). Based on that responses, so it can be concluded that the developed assessment instrument has good criteria.

Instrumen asesmen berbasis nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan ini dikembangkan menggunakan metode R&D menurut Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan sampai pada tahap revisi setelah uji coba terbatas yang dilakukan di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Guru memberikan tanggapan yang sangat baik pada aspek konstruksi (84.44%) dan tanggapan yang baik pada aspek kesesuaian isi (78.57%) serta aspek penggunaan bahasa (70.00%). Di lain pihak, siswa memberikan tanggapan yang sangat baik pada aspek penggunaan bahasa (82.00%). Berdasarkan tanggapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen yang dikembangkan memiliki kriteria baik.

Kata kunci: instrumen asesmen, nilai ketuhanan, kecintaan lingkungan


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek Edisi Revisi Kelima. Jakarta: Rineka Cipta.

Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Samosir, T. 2013. Pengembangan Asesmen Asam-Basa Berbasis Keterampilan Proses Sains. Skripsi (tidak diterbitkan).Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sholeha, A. 2014. Pengembangan Asesmen Zat Aditif, Adiktif, Psikotropika Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Cinta Lingkungan. Skripsi (tidak diterbitkan).Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Subali, B. 2010. Penilaian, Evaluasi, dan Remediasi. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sukmadinata, N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surya, B. 2010. Pengembangan Media Animasi Kimia dan LKS Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA. Skripsi (tidak diterbitkan). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tim Penyusun. 2013a. 2013. Permendikbud No. 66 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Tim Penyusun. 2013b. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Zakaria, A. 2014.Perbandingan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP antara yang Mendapatkan Pembelajaran dengan Menggunakan Strategi Konflik Piaget dan Hasweh. Diakses 25 Juli 2015 http://repository.upi.edu/6615/4/S_MTK_0905569_Chapter1.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.