PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR

Ria Anisa, M. Thoha B.S. Jaya, Sudarmi Sudarmi

Abstract


This study aimed to know the difference of geography learning result which was using problem solving learning model and using conventional method. This report would be useful to know the effect which was contributed by problem solving learning model on the students learning result of geography lessons at SMA N 1 Baradatu. This research used quasi experiment design. The sample consisted of 58 students. The data analysis used Linear Regression T-test. The result of data analysis showed that there was different improvement between studentslearning on geography lessons after being taught by using problem solving learning model and the result after being taught by using the conventional model. However, there was positive and significant influence of problem solving learning model in increasing students critical thinking on geography lessons.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan hasil belajar geografi yang menggunakan model konvensional. Mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Eksperimen Semu. Jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Analisis data yang digunakan adalah Uji T dan Regresi Linear. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran problem solving dengan hasil belajar yang menggunakan model konvensional. Dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.

Kata kunci: model problem solving, berpikir kritis, hasil belajar geografi



Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. 1997. Research Design Qualitative & Quantitative Approaches. Thousand Oaks-London-New. New Delhi: Sage Publications.

Djamarah, S.B dan A. Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Pannen, P., D. Mustafa, dan M. Sekarwinahyu. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Dikti.

Roestiyah, N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Hadi M.A. 1965. Sendi-Sendi Eksperiment. Yogyakarta: Departemen PTIP.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v3i4.9918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR