PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI
Abstract
The objective of this research was to find out information about the influence of discovery learning model application to students learning results in geography subject of Grade X in State Senior High School 1 in academic year 2014/2015. Population was 194 Grade X students in State Senior High School 1 in West Merapi. 64 respondent samples were taken using simple random sampling. Data were analyzed using t-test analysis. The results showed that there was a significant difference of average of gain values between classroom that received discovery learning model and classroom that received lecturing method. The conclusion was that learning process by using discovery learning model influenced students learning method in geography subject.
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA N 1 Merapi Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Merapi Barat sebanyak 194, jumlah sampel sebanyak 64 siswa diperoleh teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil analisis data diperoleh adanya perbedaan yang signifikan rata-rata nilai gain pada kelas yang diberi perlakuan model discovery learning dan pada kelas yang diberi perlakuan metode ceramah, untuk nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan proses pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Kata kunci : discovery learning, hasil belajar, penerapan model pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA press
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Prasetyo, Bambang. Lina, Miftahul Jannah. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Grafindo Persada
Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v3i4.9506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING