PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (NUMBERED HEAD TOGETHER) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI

Frastika Eryesma Anwar, Yarmaidi Yarmaidi, Rahma Kurnia Sri Utami

Abstract


The purpose of this research is to improve student activity and learning achievement by using cooperative learning method of NHT (Numbered Head Together). The method used in this research is Classroom Action Research. The subjects of the research are students of class XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. The results indicate that the cooperative learning method of NHT (Numbered Head Together) able to increase student activity and learning achievement of geography in class XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. The activity and learning achievement are increased because of given more reward and in the new atmosphere in the third cycle that is outdoor.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together).  Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas  XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar geografi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono. Aktivitas dan prestasi belajar meningkat karena lebih banyak diberikan reword berupa penghargaan dan berada pada suasana baru yaitu outdoor pada siklus ketiga.

Kata kunci: aktivitas belajar, metode NHT,  prestasi belajar.


| Abstract views: 86 | PDF views: 100

Full Text:

PDF

References


Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada .

Pargito. 2011. Penelitian Tindakan Bagi Guru dan Dosen. Bandar Lampung:Anugrah Utama Raharja.

Slavin, Robert E. 1995. Cooperative Learning. Theory, Research and Practice. Boston: Allyn and Bacon.

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2005.Cooperative Learning. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: PT Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v2i2.5085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR